WilmaraRoshady (2010) Analisis Pengaruh Faktor Persepsi Konsumen (Produk, Harga, Kualitas, Dan Nilai) Terhadap Keputusan Pembelian : Studi Kasus pada Matahari Dept. Store Cabang Pasar Besar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan dalam dunia perekonomian sekamin ketat seiring waktu berjalan. Dahulu faktor persepsi konsumen sering dilewatkan beberapa pihak dikarenakan nilainya yang terlalu abstrak dan tidak meyakinkan. Namun, beberapa pihak yang mulai melihat pentingnya mendalami pemahaman faktor persepsi konsumen juga telah memperoleh hasil dari penerapannya. Pembelajaran dari waktu ke waktu semakin menunjukkan fungsi pentingnya bagi eksistensi perusahaan yang menerapkannya. Para pelanggan yang dilayani juga mampu menemukan kepuasan karena berhasil mendapat yang diinginkan. Perusahaan juga mampu menjadikan pemahaman faktor persepsi konsumen sebagai alat bersaing terbaik karena dapat digunakan sebagai dasar evaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor persepsi konsumen yang terdiri atribut produk, persepsi harga, persepsi kualitas, dan persepsi nilai yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan pada Matahari Department Store cabang Pasar Besar Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari pelanggan Matahari department Store cabang Pasar Besar Malang yang merupakan pelanggan Matahari Department Store cabang Pasar Besar Malang, melakukan transaksi minimal dua kali sebulan, dan berusia lebih dari 16 tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan atribut produk, persepsi harga, persepsi kualitas, dan persepsi nilai berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan di Matahari Department Store cabang Pasar Besar Malang. Kecuali atribut produk, secara parsial persepsi harga, persepsi kualitas, dan persepsi nilai berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan di Matahari Department Store cabang Pasar Besar Malang. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu persepsi nilai. Dari penelitian ini, Matahari Department Store cabang Pasar Besar Malang diharapkan akan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Sehingga mampu menciptakan kepuasan kepada para pelanggannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2010/670/051003847 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Jan 2011 09:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 10:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104943 |
Preview |
Text
ABSTRAKSI_persepsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_persepsi2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II_persepsi2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III_persepsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV_persepsi2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_persepsi2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_persepsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_persepsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR_persepsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI_persepsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_Pengesahan(edited).pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |