Pramudyawardhani, Ratih (2017) Learners’ Perceptions On Watching English Movies With English Subtitle To Learn English In Informal Setting. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Terlepas dari pentingnya belajar Bahasa Inggris di institusi pendidikan yang formal seperti di sekolah, penting juga bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui kegiatan pembelajaran di luar kelas atau dalam lingkungan informal. Salah satu contoh kegiatan belajar bahasa secara informal adalah dengan menonton film. Sebagai kegiatan yang banyak disukai orang dari jenis kelamin dan usia yang berbeda, menonton film dapat digunakan sebagai cara yang menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris dalam lingkungan informal. Berkaitan dengan pernyataan-pernyataan di atas, penulis memutuskan untuk melakukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap menonton film berbahasa Inggris yang dilengkapi subtitle Bahasa Inggris untuk belajar Bahasa Inggris di lingkungan informal, apakah positif atau negatif. Peserta penelitian ini adalah 120 siswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Angkatan 2016, dan 89 siswa kemudian dipilih sebagai sampel penelitian ini dengan menurut tabel penentuan sampel oleh Isaac dan Michael (1995). Selain itu, peneliti menerapkan desain penelitian survey dalam pendekatan statistic deskriptif. Sehingga, instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disusun berdasarkan teori tiga aspek utama darip ersepsi oleh Walgito (2004). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa 75,15% siswa memiliki persepsi positif terhadap menonton film berbahasa Inggris dengan terjemahan Bahasa Inggris untuk belajar Bahasa Inggris secara informal, sedangkan hanya 24.71% siswa yang menunjukkan persepsi negatif. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar siswa setuju bahwa menonton film berbahasa Inggris dengan terjemahan Bahasa Inggris dapat digunakan sebagai cara untuk belajar Bahasa Inggris dalam lingkungan informal.
English Abstract
Despite the importance of learning English in formal setting such as at schools, it is also important for learners to improve their proficiency through activities outside the classroom or in informal setting. An example of informal language learning activities is watching movies. As an activity that many people from different gender and age enjoy to do, watching movies can be used as a fun way to learn English in informal setting. Related with the statements above, the researcher decided to conduct a research to investigate whether the learners’ perceptions on watching English movies with English subtitle to learn English in informal setting are positive or negative. The participants of this study were 120 students of English Language and Education Program Batch 2016 at Universitas Brawijaya Malang and 89 out of the population were taken as the sample according to sample stipulation table by Isaac and Michael (1995). In addition, the researcher applied a survey design with descriptive statistical approach for this research. Thus, the instrument used was a questionnaire which was constructed based on the theory of three main aspects of perception by Walgito (2004). The result of this research showed that 75.15% of 89 students had positive perceptions toward watching English movies with English subtitle to learn English in informal setting, while only 24.71% showed negative perceptions. Thus, it can be concluded that the majority of the students thought that watching English movies with English subtitle could be used to learn English in informal setting.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/26/051800605 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pembelajaran Formal, Pembelajaran Informal, Film, Subtitle |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 14 May 2018 01:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10444 |
Preview |
Text
g. Ucapan Terimakasih.pdf Download (73kB) | Preview |
Preview |
Text
i. Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text
h. Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
Preview |
Text
f. Identitas Tim Penguji.pdf Download (198kB) | Preview |
Preview |
Text
e. Lembar Pengesahan.pdf Download (168kB) | Preview |
Preview |
Text
j. Daftar Tabel.pdf Download (59kB) | Preview |
Preview |
Text
k. Daftar Gambar.pdf Download (48kB) | Preview |
Preview |
Text
l. Daftar Diagram.pdf Download (33kB) | Preview |
Preview |
Text
a. Sampul Luar.pdf Download (78kB) | Preview |
Preview |
Text
m. Daftar Lampiran.pdf Download (48kB) | Preview |
Preview |
Text
b. Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
b. Sampul Watermark.pdf Download (99kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (158kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (380kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (83kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
c. Sampul Dalam.pdf Download (60kB) | Preview |
Preview |
Text
d. Pernyataan Orisinilitas.pdf Download (190kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |