Evaluasi Siklus Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perancangan Software Interface Berbasis Database Management System dengan menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9.0 dan Microsoft SQL Server 2000 (Studi Kasus pada Hotel ”X”)

AhmadRosyidRidho (2008) Evaluasi Siklus Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perancangan Software Interface Berbasis Database Management System dengan menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9.0 dan Microsoft SQL Server 2000 (Studi Kasus pada Hotel ”X”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan dari penerapan sistem informasi akuntansi adalah untuk mendapatkan kualitas informasi yang baik. Sistem informasi akuntansi (SIA) yang baik adalah SIA yang ditunjang dengan sistem pengelolaan database atau Database Management System (DBMS) yang baik pula. Pada Hotel “X”, penerapan SIA belum berbasis database system sehingga membutuhkan rancangan untuk mengelola data terutama pada aktivitas siklus manajemen sumber daya manusia yang berfokus pada siklus penggajian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jadi, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada, mengevaluasinya serta memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana penerapan sistem penggajian Hotel “X”, melakukan analisa terhadap prosedur penggajian, pemrosesan data, proses pembayaran hingga informasi yang dihasilkan dan merancang struktur dan perangkat lunak DBMS sistem penggajian. Berdasarkan hasil evaluasi, Hotel “X” masih memiliki beberapa kelemahan baik di dalam proses secara manual ataupun di dalam penggunaan teknologi informasi berbasis komputer. Kelemahan tersebut perlu perbaiki dengan menggunakan perangkat lunak sehingga memberikan tambahan nilai bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/320/050802023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Aug 2008 12:32
Last Modified: 21 Oct 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103599
[thumbnail of 050802023.pdf]
Preview
Text
050802023.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item