Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang Berdasarkan Perspektif Kesenjangan Pelayanan.

FadliRobbiantoBasuki (2008) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang Berdasarkan Perspektif Kesenjangan Pelayanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang sebagai sebuah organiasi jasa di bidang kesehatan perlu untuk mengetahui bagaimana kesenjangan antara tingkat kepentingan pelayanan dengan tingkat kinerja pelayanan aktual yang diterima oleh pelanggan (pasien rawat inap). Dengan mengetahui tingkat kesenjangan pelayanan yang ada, maka RSIA Malang dapat melakukan perubahan-perubahan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan tingkat kesenjangan pelayanan. Adapun variabel kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah keandalan (reliability) , daya tanggap (responsiveness) , jaminan (assurance) , empati (emphaty) , kompetensi (competence) , dan keamanan (security) . Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Mengetahui tingkat kesenjangan antara kinerja pelayanan aktual dengan kinerja pelayanan yang diharapkan oleh pasien rawat inap RSIA Malang, b) Mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap RSIA Malang, berdasarkan kesesuaian antara kinerja pelayanan aktual dengan kinerja pelayanan yang diharapkan, c) Mengetahui item-item (atribut-atribut) yang kinerjanya perlu ditingkatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap RSIA Malang. Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan rumus Slovin dan didapat 74 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dan simple random sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif serta analisis importance and performance matrix . Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa secara keseluruhan terdapat kesenjangan yang cukup signifikan antara kinerja pelayanan aktual dengan kinerja pelayanan yang diharapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap RSIA Malang relatif rendah. Sedangkan item-item yang kinerjanya perlu ditingkatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap RSIA Malang adalah ketepatan jadwal kunjungan petugas kesehatan (X1.2), kelengkapan jenis pelayanan kesehatan (X1.5), kecepatan proses pelayanan administrasi pasien (X2.4), kenyamanan kamar rawat inap (X5.1), kebersihan kamar mandi (X5.2), kebersihan rumah sakit secara keseluruhan (X5.3), fasilitas tempat parkir yang tersedia (X5.4), dan kandungan gizi makanan yang diberikan kepada pasien (X5.9).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/300/050801896
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2008 13:57
Last Modified: 21 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103580
[thumbnail of 050801896.pdf]
Preview
Text
050801896.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item