Analisis Variabel yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal : Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang sudah Go Public di BEJ periode 2003-2006.

AgusBudiMulya (2008) Analisis Variabel yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal : Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang sudah Go Public di BEJ periode 2003-2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan leverage operasi terhadap struktur modal, baik secara simultan maupun secara parsial dan manakah dari keempat variabel bebas tersebut yang dominan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Sifat dari penelitian ini adalah replikasi, yaitu melanjutkan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Penelitian dilakukan terhadap perusahaan telekomunikasi yang sudah go public dan terdaftar di BEI sejak tahun 2003 sampai tahun 2006 yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling , yaitu populasi yang dijadikan sampel dipilih berdasar pertimbangan tertentu dan berdasar tujuan penelitian. Jenis datanya adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan neraca tahunan perusahaan telekomunikasi periode 2003-2006. Sumber data diambil dari Pojok BEI Universitas Brawijaya Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah struktur modal sebagai variabel dependent. Struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, dan leverage operasi sebagai variabel independent. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah SPSS 13.0 for Windows . Analisis data yang dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda sebagai uji determinasi dan uji hipotesis (uji F dan uji t) sebagai alat uji untuk melihat pengaruh secara simultan dan parsial serta melihat variabel mana yang dominan. Hasil dari penelitian ini adalah semua variabel independent tidak memiliki pengaruh yang kuat terhadap variabel dependent baik itu secara simultan maupun secara parsial. Selain itu tidak ada variabel independent yang dominan dari hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/299/050801895
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2008 16:20
Last Modified: 21 Oct 2021 05:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103577
[thumbnail of 050801895.pdf]
Preview
Text
050801895.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item