BKG

Sahlan, Mokhamad (2018) Pengaruh Pemberian Probiotik Pada Pakan Buatan Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Kelulushidupan Dan Efisiensi Pakan Pada Ikan Gabus (Chana Striata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Ikan Gabus (Channa striata) ikan perairan umum yang memiliki keunggulan pada tingkat albumin yang tinggi yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Produksi Ikan Gabus di Provinsi Jawa Timur sangat tinggi mencapai 1.037,6 ton pada tahun 2010. Namun sekarang terjadi permasalahan yaitu tingginya harga pakan, sehingga dibutuhkan alternative berupa probiotik. Pengaplikasian probiotik pada pakan juga memerlukan komposisi dan dosis yang tepat sehingga kinerja probiotik dapat berjalan dengan baik. Hingga saat ini belum banyak penelitian mengenai probiotik. Maka dari itu perlu adanya penelitian terkait penambhan probiotik pada pakan ikan gabus. Metode dari penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Probiotik dicampurkan pada pakan sebanyak 15ml/kg pakan dengan lama inkubasi 24 jam sebelum diberikan pada ikan. perlakuan A (pakan tanpa probiotik), perlakuan B (pakan + probiotik 10ml/kg), perlakuan C (pakan + probiotik 20ml/kg) dan D (pakan + probiotik 30ml/kg). Parameter utama yang diamati adalah kelulushidupan (SR), laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konversi pakan (FCR) dan rasio efisiensi protein (PER) dan parameter penunjang pada penelitian ini adalah kualitas air meliputi suhu, DO dan pH yang diukur setiap 2 kali sehari. Hasil yang penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik pada pakan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kelulushidupan dan efisiensi pakan pada ikan gabus (Chana striata). Dosis probiotik yang terbaik didapatkan untuk meningkatkan kelulushidupan, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan dan rasio efisiensi protein pada ikan gabus yaitu pada perlakuan 20ml/kg pakan. Nilai kelulushidupan (SR), laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konversi pakan (FCR) dan rasio efisiensi protein (PER) pada ikan gabus masing-masing mendapatkan nilai tertinggi berturut-turut yaitu 98,18%, 2,51%BB/hari, 1,69%/gr, 1,75. Hal ini diduga karena inokulan bakteri yang terdapat pada bakteri dapat menghasilkan enzim-enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Bakteri Bacillus subtillis dikenal sebagai bakteri penghasil enzim ekstraseluler seperti protease yang membantu proses pencernaan protein, lipase yang membantu proses pencernaan lemak dan amilase yang membantu proses pencernaan karbohidrat. Bakteri Lactobacillus casei juga dikenal sebagai bakteri yang dapat membantu proses penyerapan nutrisi dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Sehingga nutrisi dari pakan akan terserap dengan optimal dan meningkatan pertumbuhan pada ikan. Kesimpulan yang didapatkan yaitu pemberian probiotik dengan dosis yang berbeda pada pakan berpengaruh nyata terhadap kelulushidupan ikan gabus, laju pertumbuhan spesifik, konversi pakan dan rasio efisiensi protein pada ikan gabus. Hasil uji regresi dosis optimum probiotik untuk meningkatkan kelulushidupan dan efisiensi pakan adalah 17,31 hingga 19,22 ml/kg.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/111/051803350
Uncontrolled Keywords: Ikan Gabus, Bakteri Pencernaan, Efisiensi Pakan, Enzim Ekstraseluler
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10334
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item