Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja strategi perusahaan pada Lemgaba Keuangan MIKRO SYARIAH : Studi pada Koperasi Baitul Maal wat Tamwil Maslahah Mursalah lil Ummah (Koperasi BMT-MMU) Sidogiri Pasuruan.

MErfanArif (2007) Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja strategi perusahaan pada Lemgaba Keuangan MIKRO SYARIAH : Studi pada Koperasi Baitul Maal wat Tamwil Maslahah Mursalah lil Ummah (Koperasi BMT-MMU) Sidogiri Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Koperasi BMT MMU Sidogiri-Pasuruan ini bertujuan untuk merumuskan strategi awal tanpa melihat kinerja operasional perusahaan, menganalisis kegiatan usaha dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, mengetahui kinerja, dan menetapkan strategi perusahaan sebagai langkah untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat analisis Fred R. David untuk mengetahui strategi awal Koperasi BMT MMU dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Setelah itu dilakukan analisis pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan alat analisis Balanced Scorecard dengan empat perspektif yang ada (perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, dan pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan Matriks EFE diperoleh nilai sebesar 2,70 dan dari analisis Matriks IFE diperoleh nilai sebesar 2,90. Sesuai analisis Matriks Internal-Eksternal Koperasi BMT MMU berada pada sel V, sedangkan analisis Grand Strategy berada pada kuadran I, dan untuk analisis perumusan strategi melalui Matriks QSPM dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat untuk diimplementasikan oleh Koperasi BMT MMU adalah strategi pengembangan pasar (market development). Hasil pengukuran kinerja Koperasi BMT MMU melalui Balanced Scorecard dari perspektif keuangan menunjukkan bahwa perusahaan mengalami peningkatan nilai ROI, ROE, dan Profit margin on sales. Dari perspektif pelanggan diketahui bahwa perbandingan jumlah anggota koperasi yang masuk dengan anggota yang keluar adalah lebih banyak yang masuk, bahkan tidak ada anggota yang keluar dardi keanggotaan. Dari perspektif bisnis internal diketahui bahwa produk yang ditawarkan perlu untuk ditingkatkan, terutama porsi produk mudharobah, sedangkakn dari segi perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diketahui bahwa internal karyawan sangat dinamis dan tercipta suasana kerja yang nyaman serta siap menghadapi tantangan untuk pengembangan perusahaan. Setelah dilakukan evalusai kinerja strategi menggunakan Balanced Scorecard, maka strategi yang tepat untuk diterapkan dan sesuai kondisi perusahaan (internal dan eksternal) sekarang adalah strategi pengembangan pasar. Kebijakan ini dengan mempertimbangkan hasil evaluasi yang menjadi kelemahan perusahaan selama ini dan tentunya mempertimbangkan besarnya pasar potensial yang menunggu peran lembaga keuangan mikro (syariah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/435/050702795
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103267
[thumbnail of 050702795.pdf]
Preview
Text
050702795.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item