Analisa Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran Sektor Publik Sesuai Dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 : Studi Kasus Pada Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Ponorogo

RespatiDianCahya (2007) Analisa Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran Sektor Publik Sesuai Dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 : Studi Kasus Pada Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran Sektor Publik Sesuai Dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 yang disinyalir membawa dampak pada pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo yang telah melakukan perubahan dalam penyusunan pelaporan keuangan daerah. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif dengan cara mendiskripsikan secara jelas kondisi atau fakta yang ada. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa penerapan Permendagri No. 13 Tahun 2006 membawa perubahan antara lain adalah disusunnya anggaran berbasis kinerja yang mana telah dibuatkan suatu sistem atau prosedur pengajuan rencana kerja anggaran satuan kerja perangkat daerah. Perubahan juga terjadi dalam sistem akuntansi yang digunakan. Pencatatan yang sebelumnya menggunakan single entry accounting system berubah menjadi double entry accounting system. Basis akuntansi yang sebelumnya menggunakan cash basis berubah jadi modified cash basis kemudian Standar Akuntansi Pemerintahan menggunakan cash towards accrual. Pelaporan keuangan yang harus dilaporkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, dan catatan atas laporan keuangan. Proses penyusunan pelaporan keuangan tersebut mengalami kendala khususnya laporan neraca, karena Dinas Kimpraswil baru membuat neraca awal. Sehingga dalam pembuatannya harus melakukan pendataan aset terlebih dahulu. Kendala yang lain adalah kurang tertipnya adminstrasi arsip, sulitnya menentukan nilai saldo awal aset tetap daerah, dan kondisi kualitas SDM yang rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/395/050702448
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103236
[thumbnail of 050702448.pdf]
Preview
Text
050702448.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item