“Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang”

YuniAnggraeni (2007) “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan komunikasi interpersonal yang mempengaruhi prestasi kerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor kemampuan komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan, kesamaan, empati, dukungan, dan sikap positif mempengaruhi prestasi kerja pegawai BKD, dan juga untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai BKD. Penelitian dilakukan pada seluruh pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang yang berjumlah 50 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis regresi parsial, dan koefisien determinasi. Sementara untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan, variabel keterbukaan (X1), kesamaan (X2), empati (X3), dukungan (X4), sikap positif (X5) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang, hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi F kurang dari 5 % ( 0,000 < 0,05 ). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara 5 variabel bebas yang diuji dengan variabel terikat, dengan uji F hitung sebesar 18,452 dengan tingkat signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil uji regresi parsial dapat diketahui bahwa hanya 3 variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, yaitu keterbukaan (X1), empati (X3), dan dukungan (X4). Sedangkan 2 variabel bebas lainnya, yaitu kesamaan (X2) dan sikap positif (X5) secara parsial tidak berpengaruh signifikan. Brdasarkan hasil pengujian hipotesis III dapat diketahui bahwa variabel empati (X3) memiliki pengaruh paling besar dengan nilai beta terbesar, yaitu 0,384. Dari hasil penelitian tersebut maka pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Malang harus lebih memperhatikan dan mampu mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal, terutama menumbuhkan empati dalam berhubungan antar pegawai dalam proses penyelesaian pekerjaan, sehinggan akan meningkatkan prestasi kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/345/050702207
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103185
[thumbnail of 050702207.pdf]
Preview
Text
050702207.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item