BKG

Satiyanto, Muhamad Bimo (2018) Pengaruh Aplikasi Teknologi Akuaponik Dengan Menggunakan Tanaman Kangkung (Ipomoea Aquatica) Dan Sawi Putih (Brassica Rapa P.) Terhadap Total Dinamika Bakteri Pada Pemeliharaan Ikan Nila (Oreochromis Sp.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Ikan nila merupakan salah satu komoditas perikanan budidaya yang digemari oleh masyarakat karena memiliki nilai ekonomis tinggi serta dapat memenuhi kebutuhan protein hewani. Ikan nila saat ini telah banyak dibudidayakan, terutama menggunakan sistem budidaya intensif. Namun dalam sistem budidaya intensif sering kali terdapat masalah seperti kualitas air yang menurun yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan. Akuaponik merupakan salah satu sistem yang dapat menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas air yang menurun dengan menggunakan bantuan bakteri nitrifikasi yang akan mengubah sisa pakan dan feses menjadi ammonia, nitrit dan hasil akhir berupa nitrat yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman akuaponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tanaman kangkung dan sawi putih dalam sistem akuaponik terhadap pertumbuhan koloni bakteri yang terdapat pada media budidaya ikan nila dengan menggunakan sistem akuaponik.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2017 di Laboratorium Hidrobiologi, Divisi Sumberdaya Ikan, dan Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model perlakuan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan meliputi penggunaan tanaman kangkung (Ipomoea aquatica), tanaman sawiputih(Brassica rapa P.) dan kontrol. Perlakuan penelitian meliputi pemeliharaan benih ikan nila (Oreochromis sp.), pemberian pakan yang dilakukan sebanyak 2 kali sehari, pengukuran kualitas air harian (suhu, pH, DO) dan mingguan (amonia, nitrit, nitrat), perhitungan total plate count (TPC) dan identifikasi bakteri dengan metode BD BBL Crystal. Berdasarkan hasil selama pemeliharaan ikan nila (Oreochromis sp.), aplikasi teknologi akuaponik dengan menggunakan tanaman kangkung (Ipomoea aquatica) dan sawi putih (Brassica rapa P.) didapatkan hasil terbaik yaitu dengan menggunakan perlakuan tanaman kangkung karena bakteri yang mendominasi adalah bakteri nitrifikasi Bacillus megaterium dengan data kelimpahan yang didapat dari hasil penanaman bakteri dengan metode TPC untuk perlakuan A (kangkung) adalah 253 x 1013 CFU/ml, untuk perlakuan B (sawi putih) adalah 248 x 1013 CFU/ml, sedangkan untuk perlakuan K (kontrol) didapat 242,33 x 1013 CFU/ml.. Hasil pengukuran kualitas air berupa suhu, pH, DO, amonia, nitrit dan nitrat masih dalam keadaan optimal untuk pemeliharaan ikan nila (Oreochromis sp.).

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/101/051803340
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10311
Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item