Pengukuran Kualitas Pelayanan BTN Campus e-Banking Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) KCP Unibraw Malang

OctarinaArdyanti (2007) Pengukuran Kualitas Pelayanan BTN Campus e-Banking Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) KCP Unibraw Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan BTN Campus e-Banking terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Adapun variabel kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari bukti fisik ( Tangibles ), keandalan ( Reliability ), daya tanggap ( Responsiveness ), jaminan ( Assurance ) dan empati ( Empathy ). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Importance- Performance Analysis atau analisis tingkat kepentingan dan kinerja. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mencari kesesuaian antara tingkat kepentingan atau harapan mahasiswa dengan tingkat kepuasan mahasiswa atas kinerja pelayanan BTN Campus e-Banking. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Importance- Performance Analysis , diketahui bahwa tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja diperoleh tingkat kesesuaian rata-rata yaitu sebesar 76,74%. Dari penghitungan nilai rata-rata dari rata-rata penilaian tingkat kepentingan dan penilaian tingkat kinerja dapat diketahui posisi item-item kualitas pelayanan dalam diagram kartesius. Posisi tersebut yang menentukan item-item mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan BTN Campus e-Banking PT. Bank Tabungan Negara KCP Unibraw Malang. Item-item yang terdapat dalam kuadran A adalah tersedianya fasilitas fisik yang memadai (item 1), tersedianya peralatan modern (item 4), karyawan mampu menangani masalah yang dihadapi mahasiswa (item 6), dan kecepatan dalam pelayanan (item 7). Item-item yang terdapat dalam kuadran B adalah kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu (item 2) , penampilan karyawan yang rapi dan professional (item 3), kemudahan prosedur pelayanan BTN Campus e-Ba n king (item 5), pencatatan yang akurat (item 8), karyawan memberikan pelayanan dengan segera kepada mahasiswa (item 9), karyawan yang dapat dipercaya (item 13), Karyawan bersikap sopan dan ramah (item 15). Item-item yang terdapat dalam kuadran C adalah karyawan cepat merespon keluhan mahasiswa (item 11), karyawan tepat memecahkan masalah mahasiswa (item 12), karyawan memberikan perhatian kepada mahasiswa (item 17), karyawan melayani mahasiswa dengan cara yang simpatik (item 18), karyawan bersedia mendengarkan saran dan keluhan dari mahasiswa (item 19), karyawan memahami kebutuhan mahasiswa (item 20). Item-item yang terdapat dalam kuadran D adalah karyawan selalu bersedia membantu mahasiswa (item 10), karyawan dapat memberikan rasa aman saat transaksi (item 14), karyawan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai BTN Campus e-Banking sehingga dapat menjawab pertanyaan mahasiswa (item 16).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/102/050700625
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jun 2009 10:11
Last Modified: 20 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103010
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_awal.pdf]
Preview
Text
Bagian_awal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item