Analisis Layanan Pemerintah Bojonegoro melalui Sistem integrasi Aplikasi Pengaduan-Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (SIAP-LAPOR!) Dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat di Bidang Pertanian 2016

Hafidz, Shobaqoel (2018) Analisis Layanan Pemerintah Bojonegoro melalui Sistem integrasi Aplikasi Pengaduan-Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (SIAP-LAPOR!) Dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat di Bidang Pertanian 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Pemerintah Bojonegoro melalui Sistem integrasi Aplikasi Pengaduan-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SIAP-LAPOR!) dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat di Bidang Pertanian 2016. Penelitian ini menggunakan konsep New Public Service (NPS) menurut J.V Denhardt & R.B Denhardt sebagai pisau analisis untuk membahas penelitian ini. Konsep tersebut memiliki tujuh indikator, yaitu melayani masyarakat bukan pelanggan, mengutamakan kepentingan publik, lebih menghargai warga negara/masyarakat daripada kewirausahaan, berpikir strategis bertindak demokratis, menyadari bahwa akuntabilitas bukan sesuatu yang mudah, melayani daripada mengendalikan, serta menghargai orang bukan produktivitas semata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pelayanan pemerintah dalam penyelesaian aduan atau laporan masyarakat di bidang pertanian sudah memenuhi keenam indikator NPS, yaitu melayani masyarakat bukan pelanggan, mengutamakan kepentingan publik, berpikir strategis dan bertindak demokratis, menyadari bahwa akuntabilitas bukan sesuatu yang mudah, lebih melayani daripada mengendalikan, serta menghargai orang bukan produktivitas semata. Sedangkan prinsip lebih menghargai warga negara/masyarakat daripada kewirasuhaan masih belum sesuai dengan penyelesaian dari pengaduan masyarakat yang diterima oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan pemenuhan bibit dan pupuk masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat petani sehingga memerlukan keterkaitan kewirausahaan untuk menyelesaikan masalah.

English Abstract

The purpose of this study was to acknowledge the government service in Bojonegoro through Integration Application System Of Aspiration Complaint- Service And Online Society Complaint (SIAP-LAPOR!) in handling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/112/051802568
Uncontrolled Keywords: SIAP-LAPOR!, Pelayanan publik, New Public Service.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 04:22
Last Modified: 18 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10292
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item