BKG

Gusmawati, Emi (2017) Penerapan Metode Brainwriting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) mengenai peningkatan kemampuan menulis paragraf persuasif dengan menerapkan metode brainwriting. Penelitian dilakukan di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Soerjo Alam dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan tidak maksimalnya proses pembelajaran menulis paragraf persuasif. Siswa kelas X mengalami kesulitan mengembangkan ide-ide kreatif dan siswa merasa bosan dengan metode yang diterapkan guru pada saat pembelajaran. Atas dasar itu diadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode brainwriting pada pembelajaran menulis paragraf persuasif. Metode brainwriting dapat membantu siswa mengungkapkan gagasan-gagasan secara terbuka. Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas yaitu mendeskripsikan penerapan metode brainwriting untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMA Islam Soerjo Alam Ngajum dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf persuasif dengan menerapkan metode brainwriting pada siswa kelas X SMA Islam Soerjo Alam Ngajum. Penelitian ini menggunakan teknik tes, nontes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Di setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I hasilnya belum mencapai target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf persuasif siswa mengalami peningkatan pada tahap prasiklus sebesar 60,48, pada siklus I sebesar 65,92, dan pada siklus II sebesar 82,59. Dilihat dari hasil tes menulis paragraf persuasif pada siklus I diketahui 5 dari 27 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 18,51% kemudian pada siklus II diketahui 23 dari 27 siswa telah mencapai nilai KKM (75) dengan persentase ketuntasan 85,18%.

English Abstract

This research is classroom action research to increase students’ writing skill of persuasive paragraph which implemented brainwritting method. The research conducted on SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. Subject of this research are all students of tenth graders of SMA Islam Soerjo Alam which is consist of 27 students. The research is conducted because the teaching and learning activities it does not run well and the result of writing test. Many Tenth students got difficulties on developing their idea in writing and feel bored with the method applied by the teacher. based on this problem, this classroom action research applied brainwritting method in teaching writing. Brainwritting can help students share their ideas openly. The purpose of this research is to describe the implementation of brainwritting to increase students` writing skill of persuasive paragraphs of tenth graders SMA Islam Soerjo Alam Ngajum and describes the increasement of students` skill of writing after brainwritting method applied. The instrument of this research are test, field note, and documentation. The research conducted in two cycle. In each cycle consist of planning, acting, observing, and reflecting . in first cycle the result has not reach the target. The result of this study shows the average score of students ability to write persuasive paragraph gets improved of pre-cycle as 60,48, in first cycle as 79.55, and in second cycle as 82,59.Judging from the findings of the test write paragraphs persuasive the cycle I, note 5 of the 27 students has reached value KKM ( 75 ) with 18,51% and the latter in the cycle II note 23 of the 27 students has been reached KKM ( 75 ) with completeness 85,18 %.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/70/051700872
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102872
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item