BKG

Ikvina, Vita (2017) Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Siswa Kelas X Ma Ma’arif Ponggok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas X MA Ma’arif Ponggok masih kesulitan dalam menggali ide, mengembangkan ide, dan menulis puisi berdasarkan bait, rima, irama, dan majas. Teknik pembelajaran yang digunakan guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berimajinasi menentukan suatu ide-ide yang menarik dalam menulis puisi, mengembangkan ide, dan menulis puisi. Berdasarkan masalah tersebut diterapkan teknik Auditory, Intelectually, Repetition untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis puisi berdasarkan bait, rima, irama, dan majas. Tujuan penelitian ini meliputi meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi berdasarkan bait, rima, irama, dan majas menggunakan teknik Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) pada siswa kelas X MA Ma’arif Ponggok pada aspek menggali ide (Auditory), mengembangkan ide(Intelectually), dan menulis puisi (Repetition). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA MA’arif Ponggok berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan siswa. Hasil penelitian menulis puisi dari aspek menggali ide tahap prasiklus 0%, siklus 1 sebanyak 86,1% dan tahap siklus 2 adalah 97,2%. Adapun persentase aspek mengembangkan ide tahap prasiklus 0%, tahap siklus 1 adalah 75%, dan tahap siklus 2 adalah 100%. Hasil pembelajaran menulis puisi menunjukkan bahwa, hasil menulis puisi berdasarkan bait, rima, irama, dan majas pada tahap prasiklus 33,3%, tahap siklus 1 adalah 61,1% siswa belum mampu memunculkan majas di dalam puisi yang dibuatnya, kemudian pada tahap siklus 2 siswa sudah berhasil menulis puisi berdasaran bait, rima, irama, dan majas dengan persentase 94,4%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari tahap prasiklus, siklus 1, sampai ke siklus 2. Jadi, teknik Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X MA Ma’arif Ponggok dalam pembelajaran menulis puisi. Hendaknya dalam menerapkan teknik Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) menggunakan media pendukung yang menarik dan dapat mewadahi tiga gaya belajar siswa, serta menjelaskan majas lebih signifikan lagi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/187/051701104
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102829
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item