BKG

Aprilia, Linda (2017) Ketransitifan Dalam Judul Berita Bertopik Lingkungan Pada Surat Kabar Jawa Pos Edisi Desember 2015-Maret 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketransitifan pada judul berita. Ketransitifan dapat di lihat dari tatanan klausa, frasa bahkan kata dalam sebuah judul berita. Oleh karena itu penelitian ini berpacu pada kajian ketransitifan Halliday sehingga pembahasan penelitian ini menggunakan kajian linguistik kritis dan ekolinguistik. Pada kajian ekolinguistik juga dapat digunakan untuk menganalisis judul pemberitaan. Judul tersebut memunculkan gagasan redaktur sebagai penyunting berita untuk menggambarkan sebuah alam dalam tulisan. Kaitan bahasa dan pemberitaan menyinggung pembahasan Linguistik Kritis bertujuan untuk mengungkap relasi kuasa yang tersebunyi dalam sebuah teks tulis maupun lisan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis judul berita. Teknik pengumpulan data meliputi membaca judul berita, mencatat judul sesuai dengan kriteria ketransitifan, mengelompokkan berdasarkan waktu terbit, tahap seleksi data, pengkodifikasian data, dan analisis data. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data sesuai dengan model Anang Santoso (2012: 202), dan menyimpulkan data yang diperoleh. Penelitian ini menemukan beberapa proses ketransitifan dalam judul berita. Pertama, peneliti menemukan proses material yang terdiri dari tipe perbuatan, kejadian, dan perilaku. Kedua, peneliti menemukan proses proyeksi yang terdiri dari tipe presepsi, kognisis, verbal. Ketiga, peneliti menemukan proses relasi bertipe atributif, dan identifikasi. Berbagai macam verba dalam pembahasan memunculkan muatan ideologi yang ada dalam judul. Muatan tersebut menggambarkan alam sebagai sesuatu yang hidup dan sesuatu yang mati. Berdasarkan hasil penelitian terhadap ketransitifan ditemukan beberapa proses ketransitifan namun, proses material bertipe perbuatan yang mendominasi di setiap pembahasan. Hal ini di karenaka bahwa seorang redaktur menggambarkan bahwa alam sebagi sesuatu yang hidup dan memiliki sifat yang negatif. Bagi peneliti berikutnya, ketransitifan ini masih dapat dianalisis melalui ketransitifan dengan menggunakan keseluruhan berita secara utuh.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/164/051701054
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102804
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item