BKG

Putri, LintangPermana (2016) Pengembangan Media Botati (Boneka Tangan Tokoh Idola) Dalam Pembelajaran Menceritakan Tokoh Idola Pada Siswa Kelas Vii Smp Ahmad Yani Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengenai pengembangan media BOTATI (Boneka Tangan Tokoh Idola) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola yang dikemas berupa boneka tangan. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMP Ahmad Yani Batu kelas VII dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan yang didalamnya terdapat tiga kali langkah uji coba. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi kalimat dari angket yang diisi oleh ahli materi, praktisi, ahli media dan ahli desain grafis. Hal tersebut, dikarenakan menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan produk yang mengacu pada model Bord dan Gall. Hasil analisis angket dengan melibatkan tiga siswa pada uji coba perseorangan diperoleh 86,11%. Sementara itu, hasil analisis data dari ahli materi diperoleh persentase 65,6%, sedangkan Ahli media 62,5%, praktisi dengan persentase 89%, dan ahli desain grafis dengan persentase 82,5%. Hasil analisis angket dengan melibatkan 8 siswa pada uji coba skala sedang diperoleh persentase 85,41%. Sementara itu, hasil analisis dari para ahli materi 90,6%, sedangkan Ahli media 83,33%, praktisi dengan persentase 98,4% dan ahli desain grafis dengan persentase 95%. Sementara itu, hasil analisis data dari ahli materi diperoleh persentase 85,93%, sedangkan Ahli media 97,22%, praktisi dengan persentase 100% dan ahli desain grafis dengan persentase 97,5%. Hasil analisis data impelemtasi kelas VII prapengembangan diperoleh hasil rata-rata 68 sedangkan hasil pascapengembangkan kelas VII diperoleh hasil rata-rata 80. Hal tersebut menunjukan bahwa media BOTATI berpengaruh terhadap pembelajaran menceritakan tokoh idola. Hasil validasi dan respon siswa menunjukan bahwa pengembangan media BOTATI dalam menceritaka tokoh idola dinyatakan sangat baik dari segi materi, tampilan, bahasa dan penyajian, sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif sarana untuk menyampaikan materi menceritakan tokoh idola

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/163/051701053
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102803
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item