BKG

Nisa`, AlKayyizuAzizin (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Melalui Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas Viii-C Smp Negeri 15 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kelas VIII-C SMP Negeri 15 Malang mengalami permasalahan pembelajaran di dalam kelas. Pada matapelajaran Bahasa Indonesia materi teks ulasan, siswa kurang menguasai keterampilan menulis. Permasalahan ini terjadi karena metode pembelajaran yang diberikan guru kurang sesuai dengan karakter siswa kelas VIII-C. Pemilihan metode yang kurang tepat mengakibatkan siswa tidak memahami materi pembelajaran teks ulasan. Selain itu, pada proses pemberian tugas, siswa mengalami kesulitan untuk menulis ulasan sesuai struktur dan penggunaan ciri bahasa teks ulasan yang benar. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, metode group investigation merupakan solusi yang dapat digunakan pada pembelajaran teks ulasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Malang dengan menggunakan metode group investigation dari segi pembentukan struktur teks, penggunaan kalimat majemuk setara, dan kalimat majemuk bertingkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian, yakni 32 siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Malang. Perolehan hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran dengan menggunakan metode group investigation. Pada siklus I, penilaian aktivitas guru pada kriteria baik memperoleh 32% dan kriteria sangat baik memperoleh persentase 31%. Sedangkan, penilaian aktivitas siswa memperoleh persentase 37% pada kriteria baik dan persentase 26% pada kriteria sangat baik. Ketuntasan yang diperoleh pada siklus I ini menunjukkan persentase 87% dinyatakan tuntas namun nilai yang didapat masih kurang, terutama pada penggunaan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Selanjutnya, pada siklus II, hasil yang diperoleh aktivitas guru mencapai persentase 58% pada kriteria baik dan 42% pada kriteria sangat baik. Lalu, hasil aktivitas siswa mencapai 58% pada kriteria baik dan 42% pada kriteria sangat baik. Hasil aktivitas siswa dan guru pada siklus II dinyatakan meningkat dari aktivitas siswa dan guru pada siklus I. Kemudian, hasil ketuntasan pada siklus II mencapai persentase 100% dengan nilai terendah 75. Peningkatan yang terjadi pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C pada materi teks ulasan.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/781/051701734
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102702
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item