BKG

Jannah, Rabiatul (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Parafrase Dari Teks Puisi Melalui Metode Sq4r Pada Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Mahardika Karangploso. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Menulis parafrase dari teks puisi merupakan salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum satuan tingkat pendidikan (KTSP). Penelitian ini dari latar belakang permasalahan yang dihadapi oleh siswa khususnya siswa kelas X TKJ 1 SMK Mahardika. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa adalah kurangnya siswa dalam pembelajaran menulis parafrase dari teks puisi. Guru juga tidak memberikan metode khusus yang dapat meningkatkan pembelajaran. Oleh sebab itu, dilakukannya penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan pembelajaran siswa khususnya dalam pembelajaran menulis parafrase dari teks puisi menggunakan metode SQ4R. Metode SQ4R merupakan metode yang digunakan untuk membantu siswa agar mau membaca sertamemahami isi kandungan yang ada didalam teks puisi untuk diparafrasekan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa wawancara, tes, observasi, dan angket. Pada prasiklus siswa mendapatkan nilai rata-rata 68,4, rata-rata tersebut masih jauh dari kriteria ketentuan minimum yang ditentukan oleh sekolah. Untuk meningkatkan hasil siswa dilakukan siklus 1, pada siklus 1 nilai rata-rata siswa sudah meningkat yaitu 74. Hasil dari siklus 1 belum juga memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah, masih ada beberapa siswa meningkat menjadi 79,2. Hasil siklus 2 pada siswa kelas X TKJ 1 mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan oleh sekolah. Siswa sudah dapat memahami pembelajaran menulis parafrase dari teks puisi menggunakan metode SQ4R pada siklus 2. Siswa yang belum memahami pembelajaran menulis parafrase dari teks puisi menggunakan metode SQ4R. Peneliti kembali melakukan tindakan siklus 2, tindakan siklus2 dilakukan agar nilai rata-rata siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/780/051701733
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102701
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item