The Study Of Students’ Problems On Speaking At The Second Year Students Of Sman 1 Sreng

Narmadany, AnindaRia (2016) The Study Of Students’ Problems On Speaking At The Second Year Students Of Sman 1 Sreng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang masalah siswa berbicara di tahun kedua siswa SMA Negeri 1 Srengat. Selama studi pendahuluan, siswa di SMAN 1 Srengat mengalami kesulitan dalam berbicara dan peneliti menemukan beberapa masalah. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengetahui masalah berbicara pada siswa tahun kedua SMAN 1 SRENGAT dengan menggunakan teori Anda tentang masalah dalam berbicara, mereka adalah penghambatan, tidak ada yang perlu digunakan, dan penggunaan bahasa ibu, dan . Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 366 siswa yang dibagi menjadi 12 kelas terdiri dari enam kelas sains dan enam kelas sosial, dan dua guru bahasa Inggris di SMAN 1 Srengat. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan daftar periksa observasi, catatan bidang, panduan wawancara, dan kuesioner. Peneliti menggunakan reduksi data, tampilan data, dan menarik kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan. Untuk memastikan data itu valid, peneliti menggunakan proses triangulasi dengan silang memeriksa hasil kuesioner, wawancara, dan observasi. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis, peneliti menemukan beberapa masalah. Masalah pertama terkait dengan penghambatan. Siswa merasa malu dan khawatir membuat kesalahan tata bahasa karena mereka terlalu tata gramarah. Masalah kedua terkait dengan tidak ada yang perlu dikatakan. Siswa tidak dapat membagikan ide-ide karena mereka takut untuk melakukan kesalahan pengucapan atau kesalahan tata bahasa. Masalah ketiga terkait dengan partisipasi rendah atau tidak rata karena beberapa siswa masih pasif di seluruh pelajaran. Masalah terakhir terkait dengan penggunaan bahasa ibu. Siswa cenderung menggunakan bahasa ibu mereka selama pelajaran. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, semoga, dapat direferensikan untuk peneliti lebih lanjut yang akan melakukan penelitian serupa dalam metode yang berbeda untuk menyelesaikan masalah juga membantu guru bahasa Inggris untuk menemukan teknik yang efektif untuk mengajar siswa dan meningkatkan Kemampuan berbicara siswa juga menggunakan aspek lengkap dari teori UR (1996) di setiap instrumen.

English Abstract

This research aimed to get deeper knowledge about students’ problems on speaking at the second year students of SMA Negeri 1 Srengat. During the preliminary study, students in the SMAN 1 Srengat had difficulties in speaking and the researcher found some problems. Therefore in this study, the researcher tried to find out the problem on speaking at the second year students of SMAN 1 Srengat by using Ur theory about problems in speaking, they are inhibition, nothing to say, low or uneven participation, and mother tongue use. This research used descriptive qualitative research design. The participants of this study were 366 students divided into 12 classes consist of six science classes and six social classes, and two English teachers at SMAN 1 Srengat. In this research the data were collected by using observation checklist, field note, interview guide, and questionnaire. The researcher used data reduction, data display, and draw conclusion from data that has been collected. To make sure the data is valid, the researcher used triangulation process by cross checked the result of the questionnaire, interview, and observation. After the data was gathered and analyzed, the researcher found some problems. The first problem was related to inhibition; students were feeling shy and worried to make a grammatical mistake because they were too grammaroriented. The second problem was related to nothing to say. Students could not share the ideas because they were afraid to make pronunciation mistake or grammatical mistake. The third problem was related to low or uneven participation because some students were still passive throughout the entire lesson. The last problem was related to mother tongue usage. Students tended to use their mother tongue during the lesson. Based on the findings in this research, hopefully, it can be referenced for the further researcher who is going to conduct the similar research in different method to solve the problem also help the English teacher to find the effective technique to teach the students and improve the students’ speaking ability also use the complete aspect from Ur (1996) theory in each instruments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/721/051612311
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Dec 2016 10:46
Last Modified: 18 Oct 2021 13:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102647
[thumbnail of ANINDA_RIA_-_THE_STUDY_OS_STUDENTS'.pdf]
Preview
Text
ANINDA_RIA_-_THE_STUDY_OS_STUDENTS'.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item