BKG

MSofiyulloh, (2016) Efektivitas Penerapan Media Ular Tangga terhadap Kemampuan Membedakan Teks Ulasan dengan Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Shalahuddin Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang siswa kelas VIII SMP Shalahuddin Malang yang kesulitan dalam membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi. Hal tersebut terjadi karena acuan pembelajaran yang digunakan guru hanya bergantung pada buku teks pelajaran dan siswa kurang antusias untuk membaca. Berdasarkan hasil tes studi pendahuluan siswa kelas VIII SMP Shalahuddin Malang memiliki rata-rata skor 24,72. Untuk mengatasi permaslahan tersebut, media ular tangga akan diuiji kefektifannya pada KD membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mengetahui penerapan media ular tangga dalam membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi (2) mengetahui perbedaan keterampilan siswa dalam membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi menggunakan media ular tangga dengan yang tidak menggunakan media ular tangga (3) mengetahui penerapan media ular tangga efektif untuk pembelajaran membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi kelas VIII SMP Shalahuddin Malang. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni. Desain penelitian ini one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Shalahuddin Malang. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D (kelas kontrol) dan kelas VIII C (Kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, uji validitas, dan uji reliabilitas. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas isi dan validitas butir soal continue dengan rumus product moment person. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan memerhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Setelah melakukan uji-t dilakukan uji hipotesis untuk menentukan efektif atau tidaknya media ular tangga pada kompetensi dasar membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi di kelas kontrol dan eksperimen pada kegiatan posttest. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t terhadap skor posttest antara kelas kontrol dengan eksperimen diketahui thitung< ttabel atau -9, 386<-1,670. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan media ular tangga efektif digunakan dalam pembelajaran membedakan teks ulasan dengan teks eksposisi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/610/051608580
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102519
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item