BKG

Hasanah, Uswatun (2016) Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Melalui Teknik Sovi (Somatis, Visualization) Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Besuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Besuk kesulitan dalam menyusun teks cerpen terutama dalam aspek menggali ide dan mengembangkan ide sehingga, cerpen yang ditulis tidak sesuai dengan unsur intrinsik teks cerpen. Berdasarkan hal tersebut teknik SOVI dianggap mampu mengatasi permasalahan siswa karena teknik tersebut merupakan teknik yang menggabungkan semua alat indera yang dimiliki oleh siswa yaitu belajar dengan aktivitas fisik (somatis) dan belajar dengan melibatkan indera penglihatan (visualization). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menyusun teks cerpen yang sesuai dengan unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Besuk yang terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, lembar observasi dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rata-rata nilai keberhasilan siswa. Hasilpenelitianmenunjukkannilai rata-rata kemampuanketerampilan menyusun teks cerpen mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus 1 terdapat 20 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dengan persentase 62,5% meningkat menjadi 29 siswa dengan persentase 90,6 pada siklus 2. Pada siklus 1 terdapat 12 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan persentase 37,5% menjadi 9,3% sebanyak 3 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada siklus 2. Hal ini dapat disimpulkan bahwa teknik SOVI mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks cerpen.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/539/051607848
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102441
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item