BKG

Saputri, SherliaRahayuDwi (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Scrapbook Pada Kelas XI IIS SMA PGRI Batu Tahun Ajaran 2015/2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu kompetensi dasar dalam KTSP. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Batu dengan menggunakan subjek kelas XI IIS yang berjumlah 19 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis makalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterampilan menulis makalah siswa kelas XI IIS yang masih rendah. Siswa belum bisa untuk mengembangkan dan menuangkan gagasannya. Selain itu, pembelajaran hanya berpedoman pada buku paket pemerintah sehingga membuat siswa bosan. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan alternatif dengan menggunakan media yang lebih menarik dan menyenangkan bagi pembelajaran menulis makalah. Media scrapbook dipilih sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan media scrapbook merupakan media visual yang akan merangsang proses kinerja siswa dengan melihat materi yang dikemas untuk melakukan proses pembelajaran yang menarik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian kolaboratif antara peneliti, guru, dan siswa untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Data berupa angka dan deskripsi kalimat. Data yang berupa angka diperoleh dari hasil kerja siswa dan data berupa deskripsi kalimat terdiri atas hasil observasi, angket, dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen penelitian terdiri atas lembar pedoman wawancara, lembar angket, lembar observasi, lembar tes, dan rubrik penilaian. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan mulai dari studi pendahuluan, dilanjutkan dalam kegiatan prasiklus, dan dua siklus oleh peneliti. Penerapan media scrapbook dapat meningkatkan kemampuan menulis makalah siswa kelas XI IIS SMA PGRI Batu. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil menulis mengalami peningkatan pada tiga tahapan yaitu tahap prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil tes keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI IIS pada tahap prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 53,3, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 73,9, dan hasil tersebut meningkat lagi pada siklus 2 yaitu 83,1.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/535/051607844
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102437
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item