BKG

Yunita, Devi (2016) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Melalui Teknik Show And Tell Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Prigen Tahun Ajaran 2015/2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas VII SMPN 2 Prigen masih kesulitan dalam menceritakan tokoh idola berdasarkan identitas, keunggulan, dan alasan mengidolakannya karena teknik yang digunakan guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berinteraksi.Berdasarkan masalah tersebut diterapkanteknik show and telluntuk mengatasi kesulitan siswa dalam menceritakan tokoh idola.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan siswa menceritakan tokoh idola dari segi proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMPN 2 Prigen.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, angket, dan pedoman wawancara. Setelah semua data terkumpul akan dilakukan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan siswa dari segi proses dan hasil. Tindakan dianggap berhasil dari segi proses jika siswa masuk dalam kategori baik persentase 55% – 75% hingga 80% – 100% kategori sangat baik, sedangkan dari segi hasil apabila 75% siswa di kelas mendapatkan nilai di atas KKM. Hasil penelitian dari segi proses pembelajaran menunjukkan proses aktivitas siswa 40%, tahap siklus 1 adalah 70%, dan tahap siklus 2 adalah 97,5%.Artinya siswa kreatif dalam mengikuti pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Adapun proses aktivitas guru tahap prasiklus 40%, tahap siklus 1adalah 79,55%, dan tahap siklus 2 adalah 97,73%. Artinya guru kreatif mengajartahap pendahuluan, tahap inti, tahap penutup. Hasil penelitian dari segi hasil pembelajaran menunjukkan persentase 61,43% tahap prasiklus, tahap siklus 1 adalah 64,62%, dan tahap siklus 2 adalah 100%. Artinya ada peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keberanian, kelengkapan, ketepatan, keruntutan, penguasaan, dan kelancarandari tahap prasiklus, siklus 1, sampai ke siklus 2.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/534/051607843
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102436
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item