BKG

Oktaviyanti, Dwi (2016) Pengembangan Media Pembelajaran GARIBOX (Gambar Berseri dan Scrapbox) dalam Pembelajaran Menyusun Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VII. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang mendukung dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran berupa media GARIBOX (gambar berseri dan scrapbox) untuk pembelajaran menyusun teks cerpen. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Menganti dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan guru. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat memenuhi kriteria kelayakan dari segi isi materi, kebahasaan, dan tampilan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh tahapan yang didalamnya terdapat tiga kali langkah uji coba. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi kalimat dari angket yang diisi oleh ahli materi, praktisi, ahli media, ahli desain grafis, dan siswa. Hasil analisis data pada tahap pengembangan produk I dari aspek kebahasaan diperoleh presentase 80%, aspek isi materi sebesar 90%, dan aspek tampilan sebesar 70%. Hasil analisis angket respon dengan melibatkan tiga siswa pada uji coba awal diperoleh presentase 87%. Sementara itu untuk hasil analisis data produk II dari aspek kebahasaan diperoleh presentase 87%, aspek isi materi 92%, dan aspek tampilan 80%. Hasil analisis angket respon siswa dengan melibatkan sembilan siswa diperoleh presentase 83%. Hasil analisis produk III dari aspek kebahasaan diperoleh presentase 95%, aspek isi 95%, dan aspek tampilan 83%. Uji lapangan produk melibatkan 30 siswa dan hasil respon siswa diperoleh presentase 85%. Hasil analisis data implementasi kelas VII D prapengembangan diperoleh hasil rata-rata 75, sedangkan kelas VII E diperoleh rata-rata 73. Hasil nilai siswa pascapengembangan kelas VII D diperoleh hasil rata-rata 77, sedangkan pada kelas VII E diperoleh hasil rata-rata 79. Hal tersebut menunjukkan bahwa media GARIBOX berpengaruh terhadap pembelajaran menyusun teks cerpen. Hasil akhir validasi dan respon siswa menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran GARIBOX dalam menyusun teks cerpen dinyatakan sangat baik dari segi kebahasaan, isi materi, dan tampilan, sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif sebagai sarana untuk menyampaikan materi menyusun teks cerpen.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/531/051607840
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102434
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item