Dampak Ketidakhadiran Sosok Ayah terhadap Perkembangan Remaja dalam Drama 49 (Forty-Nine) Karya Kyoji Otsuka, Kengo Takimoto dan Ryo Nishimura

Santoso, HerjantiNursuksmaningtyas (2016) Dampak Ketidakhadiran Sosok Ayah terhadap Perkembangan Remaja dalam Drama 49 (Forty-Nine) Karya Kyoji Otsuka, Kengo Takimoto dan Ryo Nishimura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drama merupakan salah satu karya sastra yang menyajikan cerita yang terdapat dalam masyarakat sekitar dan dapat langsung dinikmati oleh penonton melalui televisi. Karya sastra bukan saja sebagai media penghibur tetapi juga sebagai media refleksi dan alat pembelajaran. Hal ini tercermin pada drama 49 ( forty-nine ) yang menggambarkan tentang ketidakhadiran sosok ayah pada anak dalam sebuah keluarga, sehingga dapat memberikan dampak bagi perkembangan remaja. Melalui cerita pada drama ini Penulis dapat menggambarkan dampak ketidakhadiran sosok ayah terhadap tokoh Dan dan Yuko. Penulis menggunakan pendekatan psikologi sastra, teori-teori yang berkaitan dengan ketidakhadiran sosok ayah terhadap perkembangan remaja. Penulis juga menggunakan teori mise-en-scene sebagai teori pendukung dalam penelitian ini guna menganalisis adegan dalam drama yang menunjukkan tujuan dari penelitian, yaitu dampak ketidakhadiran sosok ayah terhadap perkembangan remaja yang terdapat pada tokoh Dan Kagami dan Yuko Kagami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakhadiran sosok ayah dapat memengaruhi beberapa aspek perkembangan pada remaja yaitu, pada Dan Kagami ditemukan dampak pada perkembangan peran seksual dan perkembangan kepribadian. Pada Yuko Kagami terdapat dampak pada perkembangan peran seksual dan perkembangan moral. Dari penelitian tersebut dampak ketidakhadiran sosok ayah pada tokoh Dan yaitu, perilaku Dan yang kurang kelaki-lakian, kurang agresif dan kurang percaya diri, sehingga mengakibatkan kepribadian yang tertutup. Pada Yuko dampak yang terjadi adanya sikap kurang feminin dan terjadinya kehamilan di luar nikah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/53/051601188
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 15 Mar 2016 09:12
Last Modified: 20 Oct 2021 10:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102432
[thumbnail of FULL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item