BKG

Putri, DyahNandaPratiwiHandoyo (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Ulasan Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas Viii Smp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada kegiatan pendahuluan, diperoleh informasi bahwa siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Menganti, Gresik mengalami kesulitan dalam memahami struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan khususnya, orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman, metafora, kalimat majemuk, dan kata rujukan. Selain itu, guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Menganti, Gresik belum pernah menggunakan modul pembelajaran lain. Oleh karena itu, penelitian pengembangan modul pembelajaran ini perlu dilakukan dengan mempertimbangkan permasalahan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran teks ulasan yang dapat membantu siswa dalam memahami struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan. Dalam penelitian ini, dikembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran teks ulasan berbasis mind mapping. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri atas empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu uji coba terbatas yang dilakukan dengan melibatkan enam siswa dan uji coba lapangan melibatkan siswa dalam satu kelas. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi kalimat berdasarkan hasil wawancara dan angket validasi. Hasil validasi produk I aspek isi diperoleh persentase sebesar 71%. Artinya produk I masuk dalam kualifikasi layak karena persentase ≥61%, tetapi masih belum bisa digunakan siswa karena diperlukan perbaikan berdasarkan kritik dan saran dari ahli validator. Produk II diperoleh persentase 90,33% masuk dalam kualifikasi sangat layak karena persentase ≥80%. Akan tetapi produk II masih perlu dilakukan perbaikan bberdasarkan kritik dan saran dari ahli validator. Produk III diperoleh persentase sebesar 96,6% masuk dalam kualifikasi sangat layak karena persentase ≥80%. Hasil uji coba terbatas dengan melibatkan 6 siswa diperoleh persentase sebesar 83% masuk dalam kualifikasi baik karena ≥59%, sedangkan hasil uji lapangan diperoleh persentase sebesar 84% yang artinya modul dudah masuk dalam kualifikasi baik karena persentase ≥59%. Hasil validasi akhir dan respons siswa menunjukkan bahwa modul pengembangan teks ulasan berbasis mind mapping sudah sangat layak dari segi materi, penyajian, kebahasaan, kegrafikaan, dan sudah mendapat respons yang baik dari siswa karena produk III hanya mengalami sedikit perbaikan dari aspek penyajian, sehingga produk IV sudah bisa digunakan oleh siswa, Selanjutnya, modul siap untuk didesiminasikan dan diujicoba skala yang lebih luas.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/526/051607835
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102428
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item