BKG

Tyas, ElmaNoerLizaAyuning (2016) Pengembangan Media UTARA (Ular Tangga Berbicara) dalam Pembelajaran Menceritakan Tokoh Idola pada Siswa Kelas VII. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media UTARA (Ular Tangga Berbicara) dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola yang dikemas menyerupai permainan ular tangga. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Laren. Alasan melaksanakan penelitian ini adalah karena ingin mengembangkan produk media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, tahap penelitian ini terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala sedang, revisi produk, uji coba skala luas, revisi produk akhir, dan desiminasi dan implementasi. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk visual. Selain itu mendeskripsikan pengembangan media UTARA dan implementasi media UTARA dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola untuk kelas VII SMP. Penilaian media pada angket terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek materi, bahasa, dan tampilan. Hasil analisis angket produk I dari respon siswa memperoleh rata-rata persentase 90,27% dari uji coba dengan empat siswa, sedangkan dari aspek materi memperoleh persensentase 66,3%, aspek bahasa 72,1%, dan aspek Tampilan memperoleh persentase 85,7%. Sedangkan hasil analisis angket produk II dari respon siswa memperoleh rata-rata persentase 83,5% dari uji coba dengan tujuh siswa, salain itu dari aspek materi memperoleh persentase 83,3%, aspek bahasa 86,1%, dan aspek tampilan 87,9%. Sementara itu, hasil analisis angket produk III dari respon siswa memperoleh persentase 89,3% pada uji coba dengan siswa satu kelas, sedangkan dari aspek materi memperoleh persentase 95,1%, aspek bahasa 97,2%, dan aspek tampilan 94,5%. Impementasi dilakasanakan untuk mengetahui hasil penerapan media yang telah dikembangkan. Implikasi tersebut menunjukkan adanya perubahan hasil belajar pada siswa SMP Negeri 1 Laren ketika prapengembangan dan pascapengembangan. Prapengembangan diperoleh rata-rata nilai dua kelas yakni 62,1, sedangan pascapengembangan diperoleh rata-rata nilai dua kelas yakni 75,7.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/512/051607821
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102413
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item