BKG

Lisnasari, Lilik (2016) Harmoni Alam dalam Cerita Rakyat Tengger (Sebuah Kajian Sastra Pastoral). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Dewasa ini kondisi lingkungan kian memprihatinkan. Pembuangan sampah secara sembarangan, pembangunan gedung tinggi yang melenyapkan lahan hijau, dan buruknya sistem drainase. Penanganan kondisi alam yang sedemikian dapat dilakukan melalui pemahaman dan sikap manusia sebagai langkah awal untuk memahami lingkungan. Nilai untuk memahami lingkungan terproyeksi dalam sebuah produk kebudayaan salah satunya cerita rakyat Tengger. Cerita rakyat memandang fenomena di alam sebagai sarana komunikasi antarmakhluk ekosfer. Penelitian ini memanfaatkan studi ekokritik model dokumentasi untuk mengetahui sikap dan pemahaman masyarakat Tengger terhadap lingkungan melalui proses deskripsi karakter pastoral yang termuat dalam cerita rakyat Tengger. Penelitian ini menggunakan model studi dokumentasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pemanfaatan studi dokumentasi memiliki kelebihan dalam keberagaman sumber data karena data diperoleh dari berbagai sumber. Analisis data disesuaikan dengan fokus penelitian yaitu mendeskripsikan ciri sastra pastoral. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah termuatnya ciri pastoral yang meliputi karakter Bucolic, konstruksi Arcadia (unsur Idylls, nostalgia, dan Georgic), serta wacana retreat dan return dalam cerita rakyat Tengger. Ciri pastoral tersebut termuat dalam bentuk legenda Kasada, legenda Karo, dan mitos (Gua Widodaren, Poten, jimat, dan punden Tosari). Unsur utama yang termuat dalam cerita rakyat Tengger adalah unsur Idylls yang terwujud dari adanya hubungan harmonis antara Masyarakat Tengger dengan Tuhan, sesama manusia, hewan, dan makhluk psikis. Dalam hal ini, cara pandang dan laku hidup Masyarakat Tengger yang tercermin dalam cerita rakyatnya sesuai dengan falsafah hidup Welas Asih Pepitu dan Bekti Marang Guru Papat yang bermaknakan kewajiban manusia untuk menjaga keselarasan kosmos.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/511/051607820
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102412
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item