BKG

Putra, HanggaPerdana (2016) Gaya Bahasa (Style) dalam Novel Burung-Burung Manyar Karya Y.B. Mangunwijaya: Kajian Stilistika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1.) Bagaimanakah penggunaan citraan dalam novel/roman Burung-Burung Manyar (BBM)? (2.) Bagaimanakah diksi atau pemilihan kata yang dipergunakan Y.B. Mangunwijaya dalam novel Burung-Burung Manyar (BBM)? (3.) Bagaimanakah pemakaian gaya bahasa yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar (BBM)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1.) Mendeskripsikan penggunaan citraan dalam novel Burung-Burung Manyar (BBM). (2.) Mengetahui diksi atau pilihan kata yang digunakan pada roman Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya. (3.) Mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tulis yang berupa kalimat-kalimat yang di dalamnya terdapat aspek citraan, diksi, dan gaya bahasa. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, wawancara mendalam, dan teknik catat. Penyimakan difokuskan pada wacana yang di dalamnya pemakaian bahasa (dipandang dari segi bunyi, kata, kalimat), setelah itu dilakukan pencatatan pada kartu data, penyeleksian, pengklasifikasian sesuai permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan. Adapun teknik yang digunakan dalam metode padan adalah teknik dasar pilah unsur penentu dengan daya pilah referensial digunakan untuk menganalisis aspek bunyi, diksi atau pilihan kata, dan gaya bahasa. Berdasarkan analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: 1. Penggunaan gaya bahasa atau majas yang cukup sering digunakan, meliputi majas metafora, simile, metonimi, dan hiperbola. 2. Penggunaan diksi-diksi yang diambil dari bahasa asing cukup banyak digunakan. Bahasa asing selain bahasa Jawa diantaranya bahasa Belanda dan bahasa Inggris. 3. Citraan meliputi lima dalam novel, yakni citraan visual, auditif, perasa, peraba, dan intelektual.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/459/051607768
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102352
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item