BKG

Sari, AriniParamitha (2016) Alih Wahana Cerpen Surat Dari Praha dan Film Surat Dari Praha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Terjadi perdebatan antara cerpen Surat Dari Praha Yusri Fajar dan film Surat Dari Praha yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Cerpen karya Yusri Fajar diterbitkan pada awal tahun 2012 dan film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dirilis pada awal tahun 2016. Cerpen dan film Surat Dari Praha mengisahkan eksil 1965 yang berada di Praha, Republik Ceko terhalang pulang ke Indonesia karena permasalah politik pada masa Orde Baru. Cerpen dan film tersebut akan dikaji dengan menggunakan kajian alih wahana untuk melihat adanya perbedaan dan persamaan antara cerpen dan film. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi pada unsur intrinsik cerpen dan film. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripsitf kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerpen dan film. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara menyeleksi data, mengklasifikasi data, membandingkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menujukkan terjadi perbedaan cerita antara cerpen dan film Surat Dari Praha. Perbedaan ini dilihat dari unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen dan film, unsur intrinsiknya meliputi alur, tokoh, dan latar. Dalam alur cerpen alurnya mundur, sedangkan dalam film alurnya maju. Tokoh dalam cerpen hanya ada 2 tokoh utama, sedangkan dalam film ada 9 tokoh, namun yang berperan penting hanya 5 tokoh. Latar dalam cerpen hanya ada di Praha, sedangkan dalam film terjadi di Indonesia dan Praha. Kesamaan antara cerpen dan film Surat Dari Praha yaitu sama-sama mengisahkan tentang kisah eksil 65 yang tinggal di Praha, terjadinya proses surat menyurat, dan kejadian terjadi pada saat Pra-Orde Baru.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/457/051607766
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102350
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item