BKG

Khoirot, Asisatul (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Berbasis Komik pada Siswa Kelas X SMK. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Bahan ajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang monoton akan menyebabkan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran. Alasan tersebut mendorong peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran menulis karangan eksposisi berbasis komik yang ilustratif dan komunikatif agar diminati serta mudah dimengerti siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Mahardika Karangploso Malang dengan memerhatikan kebutuhan siswa.Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran menulis karangan eksposisi berbasis komik pada siswa kelas X SMK. Tujuan khusus berupa mendeskripsikan aspek isi, kebahasaan, sistematika penyajian, dan kegrafikaan. Pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan adaptasi model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba yang dilakukan terdiri dari dua tahap, yaitu uji skala terbatas dan uji skala luas. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data verbal dan data nonverbal dari ahli materi, praktisi, ahli kegrafikaan, dan siswa. Hasil analisis data pengembangan produk I didapatkan persentase pada aspek isi sebesar 52,7%, kebahasaan sebesar 66,7%, sistematika penyajian sebesar 57,7%, dan kegrafikaan sebesar 74,3%, sedangkan kelayakan seluruh aspek didapatkan persentase sebesar 62,9 %. Hasil analisis data produk II pada aspek isi sebesar 91,6%, kebahasaan sebesar 95,8%, sistematika penyajian sebesar 91,3%, dan kegrafikaan sebesar 96,4%, sedangkan kelayakan seluruh aspek didapatkan persentase sebesar 93,7 %. Hasil analisis data produk III pada aspek isi sebesar 94,5%, aspek kebahasaan sebesar 95,8%, aspek sistematika penyajian sebesar 95%, dan aspek kegrafikaan sebesar 98,7%, sedangkan kelayakan seluruh aspek didapatkan persentase sebesar 96%. Sementara itu, hasil uji coba produk II pada skala terbatas didapatkan persentase sebesar 82,3%. Hasil uji coba produk III pada skala luas didapatkan persentase sebesar 89,5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan aspek modul pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat valid sehingga modul tersebut layak dan siap untuk diujicobakan serta disebarluaskan dalam skala yang lebih luas.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/456/051607679
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102349
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item