BKG

Mawardi, Intan (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Negosiasi Berbasis Metode Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas X SMK. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran. Kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentu menjadi sebuah masalah dan memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Malang dengan memerhatikan kebutuhan siswa. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian pengembangan ini guna menghasilkan modul pembelajaran teks negosiasi berbasis metode think-talk-write (TTW) yang berkualifikasi sangat valid dari segi isi, kebahasaan, sistematika penyajian, dan kegrafikaannya. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan R2D2 yang terdiri atas tiga fokus kegiatan, yakni fokus penetapan, fokus penentuan desain dan pengembangan, dan fokus penyebarluasan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Data yang diperoleh berupa data nonverbal (skor) dan verbal (hasil wawancara, respons pengguna, dan komentar dari para ahli validasi). Sebagai upaya mengetahui tingkat kelayakan produk dilakukan uji validasi sebanyak dua kali dan satu kali uji coba terhadap siswa satu kelas. Adapun kriteria kelayakan produk pada taraf 81-100% berkualifikasi “sangat valid”, 61-80% termasuk “valid”, 41-60% termasuk “kurang valid”, dan 21-40% termasuk “tidak valid/gagal”. Hasil analisis data kelayakan produk I selama pengembangan menunjukkan persentase validitas dari aspek isi sebesar 84,7%, aspek kebahasaan 62,4%, aspek sistematika penyajian 89,8%, dan aspek kegrafikaan 89,7%. Sementara itu, hasil analisis data produk II menunjukkan persentase validitas dari aspek isi sebesar 97,2%, aspek kebahasaan 83,3%, aspek sistematika penyajian 92,9%, dan aspek kegrafikaan 97,6%. Hasil analisis data angket respons siswa pada produk II diperoleh persentase 82% . Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran teks negosiasi berbasis metode think-talk-write (TTW) yang dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dari keseluruhan aspek. Hal ini menandakan bahwa modul telah siap digunakan dalam pembelajaran di kelas dan bisa disebarluaskan.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/441/051607665
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102333
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item