BKG

Futuhiyyah, Tanwirotul (2016) Pengaruh Penggunaan Media GARASI (Gambar Fotografi dan Kartun Ilustrasi) dalam Menyusun Teks Eksplanasi Kelas VII SMP Negeri 01 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Indonesia, siswa mengalami kesulitan dalam KD Menyusun teks eksplanasi karena kurangnya pengetahuan mengenai fenomena-fenomena alam. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menuliskan ide menjadi sebuah paragraf. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin melihat pengaruh penggunaan media GARASI dalam Menyusun teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan media GARASI, (2) perbedaan hasil belajar siswa dalam Menyusun teks eksplanasi kelas kontrol tanpa media GARASI dengan kelas eksperimen yang menggunakan media GARASI, dan (3) pengaruh penggunaa media GARASI dalam pembelajaran Menyusun teks eksplanasi kelas VII SMP Negeri 01 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen murni bentuk pretest-posttest group design. Data dalam penelitian adalah hasil pretest dan posttest, hasil wawancara, hasil dokumentasi, dan hasil uji validitas dan reliabilitas soal pretest dan posttest. Instrumennya meliputi soal pretest dan posttest, rubrik penilaian, pedoman wawancara, rumus validitas dan reliabilitas, dan pedoman studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, uji validitas, uji reliabilitas, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media GARASI terdapat tiga tahapan, yaitu tahap awal yang meliputi orientasi, apersepsi, dan motivasi, tahap inti yang meliputi penjelasan materi, langkah-langkah penggunaan media GARASI, dan proses Menyusun teks eksplanasi menggunakan media GARASI dan tahap penutup yang berisi refleksi. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Perbedaan tersebut diketahui dari perbandingan hasil belajar siswa, yaitu pada kelas kontrol pretest mendapatkan skor terendah 15, maksimal 19, rata-rata 16 dan posttest mendapatkan skor minimal 17, maksimal 23, rata-rata 20. Kelas eksperimen pretest mendapatkan skor minimal 15, maksimal 20, rata-rata 17 dan posttest mendapatkan skor minimal 18, maksimal 24, rata-rata 22. Hasil uji t pada skor posttest kelas kontrol dan eksperimen diketahui bahwa thitung sebesar -2,215 dengan df 62. Berdasarkan taraf signifikasi 5% dengan df 62 maka diperoleh ttabel sebesar -1,999. Dengan demikian, hasil yang diperoleh thitung < ttabel (-2,215 < -1,999). Hasil tersebut membuktikan bahwa media GARASI berpengaruh dalam keterampilan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Batu.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/439/051607663
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102330
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item