BKG

Nadziroh, BintiKhurotulAyunin (2016) Pengaruh Teknik Catatan Terstruktur terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis teks berita.Kesulitan tersebut karena guru hanya menerapkan teknik ceramah dan penugasan serta tidak memberikan contoh mengenai cara-cara menyusun berita sesuai struktur dan mengandung unsur 5W+1H.Dari permasalahan tersebut, perlu diterapkan teknik catatan terstruktur untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Tujuan penelitian ini meliputi (1) menjelaskan penerapan teknik catatan terstruktur terhadap pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang (2) mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks berita yang menggunakan teknik catatan terstruktur dengan yang tidak menggunakan teknik catatan terstruktur (3) mengetahui pengaruh penggunaan teknik catatan terstruktur terhadap pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen murni. Desain penelitian ini pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari Malang.Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D (kelas kontrol) dan kelas VIII B (kelas eksperimen).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, uji validitas, dan uji reliabilitas.Analisis data dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbedaan keterampilan siswa dalam menulis teks berita di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eskperimen diketahui besar thitung (th)sebesar -6.655 dengan df 65. Nilai ttabel (ttb) pada taraf signifikasi 5% dan df 65 sebesar -2.000. Hal ini menujukkan bahwa thitung (th) lebih kecil dari ttabel (ttb) (-6.655 < -2.000). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknik catatan terstruktur berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/438/051607662
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102329
Text
Skripsi_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item