BKG

Hijr, RPFida‟El (2016) Proses Indoktrinasi Ideologi Komunisme Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PKI merupakan salah satu partai politik berpengaruh di Indonesia pada tahun 1945 hingga 1965. PKI memiliki simpatisan anggota tertinggi ke-empat dalam sejarah politik Indonesia. Namun, PKI akhirnya hancur, hilang, dan dilarang di Indonesia, tepatnya setelah peristiwa 30 September 1965. Pembungkaman terhadap buku sejarah dan pemberitaan media massa pada Orde Baru yang menghancurkan citra PKI. Pemerintah membuat seakan masyarakat Indonesia dibutakan akan sejarah tentang ideologi komunisme di Indonesia. Hal tersebut mendorong sastrawan salah satunya Ahmad Tohari untuk mengungkap sisi lain kemenangan PKI di Indonesia melalui novel. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses indoktrinasi ideologi komunisme dan menjelaskan strategi indoktrinasi PKI dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari menurut tinjauan sosiologi sastra. Data proses indoktrinasi ideologi komunisme pada penelitian ini bersumber dari novel Kubah karya Ahmad Tohari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka. Pada tahap analisis data digunakan model analisis isi. Hasil penelitian proses indoktrinasi ideologi komunisme dalam Novel Kubah karya Ahmad Tohari adalah penerapan doktrin-doktrin komunis dilakukan secara bertahap dan tepat sasaran. Karman menjadi subjek pengindoktrinasian dan pemahaman ideologi komunisme yang dilakukan oleh orang-orang komunis yaitu, Margo, Triman, dan Si Gigi Besi. Indoktrinasi komunisme dilakukan kepada Karman karena kondisi kepribadian yang sedang mengalami gejolak perasaan tentang pekerjaan dan asmaranya dengan anak tuan tanah. Hingga orang-orang komunis memberikan doktrin PKI kepada Karman,agar Karman menjadi salah satu kader PKI yang dapat mencari kader lain dan simpatisan untuk memilih PKI. Proses indoktrinasi yang dipaparkan oleh Ahmad Tohari dalam Novel Kubah memiliki dua tahap yang terjadi pada Karman yaitu, (1) pra-komunis, dan (2) komunis. Pertama pra-komunis dibagi menjadi dua proses (1) proses pemisahan Karman dengan tuan tanah (2) menikahkan Karman dengan wanita pilihan komunis. Kedua tahapkomunis dibagi menjadi empat proses (1) pemberian brosur-brosur komunisme, (2) pemberian buku-buku sejarah materialisme dan pertentangan kelas, (3) mengajak kader baru rapat bulanan partai, (4) memusuhi tuan tanah.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/426/051607649
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102317
Text
PROSES_INDOKTRINASI_IDEOLOGI_KOMUNISME_DALAM_NOVEL_KUBAH_KARYA_AHMAD_TOHARI(1).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item