BKG

Setyowati, Indah (2016) Peningkatan Kemampuan Memahami Aspek Kebahasaan Teks Biografi melalui Media Monopoli pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada tahap pendahuluan, diketahui terdapat permasalahan yang dialami siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 1 Batu dalam memahami aspek kebahasaan teks biografi,khususnya kata hubung, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk. Dari pelaksanaan pembelajaran prasiklus diketahui hasil 76,7% siswa belum mencapai ketuntasansesuai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 78. Dari permasalahan yang ditemukan, peneliti dan guru Bahasa Indonesia kelas VIII-H berkalaborasi untuk memecahkan masalah yang dialami siswa dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan media monopoli untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami aspek kebahasaan teks biografi. Sumber data pada penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran pada kompetensi dasar memahami aspek kebahasaan teks biografi pada siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 1 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata terhadap persentase hasil ketuntasan belajar siswa. Proses aktivitas siswa dan guru dikatakan berhasil apabila mencapai lebih dari 65%. Sementara itu, hasil belajar siswa dianggap berhasil apabila siswa mencapai nilai KKM, yaitu 78. Peningkatan aktivitas guru dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 49%, sedangkan peningkatan aktivitas guru dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 15%. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru telah melasanakan perencanaan yang telah disusun dengan baik. Selain itu, guru melakukan kegiatan tahap pendahuluan, inti, dan penutup dengan sistematis. Sementara itu, peningkatan aktivitas siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 43%, sedangkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus II sebesar 17%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa melakukan kegiatan pembelajaran dengan tertib, antusias, dan optimal. Terdapat peningkatan kemampuan memahami aspek kebahasaan teks biografi dari segi hasil. Hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa kemampuan memahami aspek kebahasaan teks biografi mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 41,22%. Sementara itu, peningkatan siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,8%. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa siswa sudah mampu menemukan dan menjelaskan kata hubung, kalimat tunggal, dan kalimat majemuk sesuai hakikat, ciri-ciri, dan contohnya. Namun, terdapat siswa yang masih mengalami kesalahan dalam menjelaskan struktur kalimat.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/414/051607553
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102303
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item