BKG

Fatmawati, Malinda (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Mendengarkan Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas VIII di SMP PGRI 01 Singosari mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran menemukan pokok-pokok berita yang didengar terutama dalam menemukan dan membedakan antara pokok berita apa dengan siapa serta mengapa dan bagaimana. Kesulitan tersebut terjadi karena guru tidak memberikan bimbingan secara langsung ketika siswa belajar menemukan pokok-pokok berita. Dari permasalahan tersebut teknik explicit instruction diterapkan. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mengetahui penerapan teknik explicit instruction terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok berita yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari (2) mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam menemukan pokok-pokok berita yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi menggunakan teknik explicit instruction dengan yang tidak menggunakan teknik explicit instruction (3) mengetahui efektivitas penggunaan teknik explicit instruction dalam pembelajaran menemukan pokok-pokok berita yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen semu. Desain penelitian ini One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP PGRI 01 Singosari. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-B (kelas kontrol) dan kelas VIII-A (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mahir menemukan pokok-pokok berita dengan teknik explicit instruction. Perbedaan kemampuan menemukan pokok-pokok berita yang didengar di kelas kontrol dan eksperimen signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dengan uji-t terhadap skor posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen diketahui thitung < ttabel atau -6,068<-1,668. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan teknik explicit instruction berpengaruh pada kegiatan pembelajaran mendengarkan berita.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/406/051607545
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102294
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item