BKG

Pristiyanik, Dwi (2016) Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated, Reading, and Composition) Pada Siswa Kelas VII SMPN 25 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang yaitu terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMPN 25 Malang dalam membuat teks cerpen. Hal tersebut terjadi karena selama kegiatan belajar mengajar guru tidak menggunakan model pembelajaran atau media pembelajaran sebagai alat bantu siswa dalam mempermudah membuat teks crpen. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran menyusun teks cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks cerpen melalui model CIRC (Cooperative Integrated, Reading and Composition) pada Siswa Kelas VII SMPN 25 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi,tes menulis teks cerpen, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penilaian berupa pedoman observasi guru dan siswa. Penilain hasil dari menulis teks cerpen di nilai berdasarkan rubric penilaian yang sudah dibuat peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyusun teks cerpen siswa dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated, Reading, and Composition) meningkat dari hasil sebelumnya. Peningkatan kemampuan menyusun teks cerpen melalui model CIRC ini diperoleh dari hasil kemampuan menyusun siswa pada prasiklus yang hanya memperoleh persentase ketuntasan 16,2% dengan kriteria sangat kurang, meningkat pada siklus I menjadi 37,8% dengan kriteria kurang baik, dan terus meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model CIRC (Cooperative Integrated, Reading, and Composition) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta meningkatkan kemampuan menyusun siswa. Disarankan guru menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated, Reading, and Composition) pada pembelajaran menyusun teks cerpen agar siswa lebih menguasai kemampuan menulis teks cerpen dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/401/051607540
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102289
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item