BKG

Monik, VontyanLesti (2016) Peningkatan Kemampuan dalam Menyusun Teks Eksplanasi Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kesulitan yang dirasakan oleh siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang dalam membedakan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam menulis teks eksplanasi serta menuangkan ide dalam menulis teks eksplanasi. Penyebabnya guru hanya melakukan metode ceramah tanpa ada variasi dalam proses pembelajaran dan siswa hanya berpacu pada guru. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together) (2) mengetahui peningkatan kemampuan menemukan kalimat penjelas dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together)(3) mengetahui peningkatan kemampuan menuangkan ide dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menemukan kalimat utama, menemukan kalimat penjelas, dan menungkan ide dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/400/051607539
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102288
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item