BKG

Sagita, ReniMaisatus (2016) Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Teknik Student Facilitator and Explaining Pada Siswa Kelas VII B MTsN Tunggangri Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Menyusun teks eksplanasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VII SMP. Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa keterampilan menyusun teks eksplanasi siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa masih kesulitan menggali ide dan menyusun teks eksplanasi berdasarkan struktur dan ciri bahasa. Kemudian guru kurang bervariasi dalam menggunakan teknik pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan menggunakan teknik Student Facilitator and Explaining (SFE) pada siswa kelas VII B MTsN Tunggangri dari segi proses dan hasil. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan angket. Analisis data proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Analisis data hasil diperoleh dengan cara mengumpulkan hasil menyusun teks eksplanasi siswa, mengoreksi, dan mengolah skor. Persentase keberhasilan dari segi proses 66% dan hasil 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII B MTsN Tunggangri Tulungagung. Dari segi proses aktivitas guru diperoleh hasil prasiklus sebesar 60% mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 73,7% dan 73,1% pertemuan 2. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 86% dan 88% pertemuan 2. Selain itu, diperoleh hasil aktivitas siswa yakni pada tahap prasiklus sebesar 61,2% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,1% dan 70% pertemuan 2, mengalami peningkatan lagi pada siklus II pertemuan 1 sebesar 86% dan pertemuan 2 sebesar 90%. Peningkatan tersebut dikarenakan guru dan siswa sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan aktif. Selanjutnya, dari segi hasil pada tahap prasiklus diperoleh hasil sebesar 40% dalam menyusun teks eksplanasi. Pada siklus I 65% siswa tuntas dalam menyusun teks eksplanasi dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dikarenakan siswa sudah mampu menggali ide dan menyusun teks eksplanasi berdasarkan struktur dan ciri bahasa yang tepat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan penggunaan teknik student facilitator and explaining dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa dalam menggali ide dan menyusun teks eksplanasi sesuai struktur dan ciri bahasa yang tepat.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/389/051607528
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102275
Text
1.KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
2.ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
3.DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
4.DAFTAR_BAGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
5.DAFTAR_GRAFIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
7.DAFTAR_TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
8.DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
9.BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
10.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
11.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
12.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
13.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
14.BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download
Text
15.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item