BKG

Rizkyanto, NovrishaWidya (2016) Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Dalam Novel Orang-orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Bahasa merupakan media utama dalam suatu karya sastra. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan bahasa (diksi dan gaya bahasa) khas yang digunakan oleh Ahmad Tohari dalam novel Orang-orang Proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa dan gaya bahasa dalam novel Orang-orang Proyek. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak catat dalam proses pengumpulan data. Sumber data yang digunakan adalah novel novel Orang-orang Proyek cetakan tahun 2007 setebal 224 halaman, sedangkan data yang digunakan adalah kosakata dan kalimat dalam wacana teks cerita novel. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan terdapat 74 data berupa diksi dan 77 data berupa gaya bahasa. Dari 74 data tersebut terdapat 5 jenis diksi yang sering muncul dan digunakan, yaitu; kosakata bahasa Indonesia, kosakata bahasa asing, kata umum, kata khusus, dan kata indera. Untuk gaya bahasa dari 77 data tersebut terdapat 10 jenis gaya bahasa yang sering muncul dan digunakan, yaitu; personifikasi, hiperbola, metafora, antonomasia, ironi, sinisme, satire, eufemisme, simile dan simbolik. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan diksi yang sering muncul dan digunakan adalah kosakata bahasa daerah dan terdapat perbedaan penggunaan bahasa yang digunakan oleh antar tokoh tergantung dari tingkat pendidikan yang dimiliki. Untuk penggunaan gaya bahasa yang sering muncul dan digunakan adalah personifikasi. Gaya bahasa tersebut paling sering digunakan untuk pendeskripsian lingkungan sekitar dan alam pada awal dan akhir cerita novel ini. Selain itu, fungsi penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam berjalannya alur cerita novel bersifat fungsional terutama dalam mengikuti tokoh utamanya (Kabul), dan tokoh penunjang novel ini.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/385/051607524
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102271
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item