BKG

Okiana, Rahayu (2016) Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot Melalui Teknik Visualization, Auditory, Kinesthetic Pada Siswa Kelas X Smk Putra Indonesia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas X di SMK Putra Indonesia Malang kesulitan dalam menggali ide, mengembangkan ide dan memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan ciri kebahasaan karena teknik diskusi, ceramah, dan modeling yang digunakan guru kurang memberi kesempatan siswa untuk berinteraksi. Berdasarkan hal tersebut teknik VAK diterapkan agar siswa dapat memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan ciri kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini meliputi meningkatkan keterampilan memproduksi teks anekdot dengan teknik VAK pada siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang pada aspek menggali ide, aspek mengembangkan ide, dan aspek memproduksi teks anekdot. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E di SMK Putra Indonesia Malang. Teknik Pengumpulan data meliputi tes, observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan siswa. Siswa dikatakan berhasil jika 80% siswa mendapat nilai 78-100 dengan kriteria sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan dari tindakan prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 pada pembelajaran memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, dan tanda baca. Pada tindakan prasiklus siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 31% atau 10 siswa. Hal tersebut terjadi karena masih banyak siswa yang tidak dapat menggali ide dengan satu gambar, kesulitan dalam mengembangkan teks anekdot dengan tema “Politik”, memproduksi teks anekdot tidak sesuai dengan struktur, terdapat kesalahan dalam penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan konjungsi temporal. Pada tindakan siklus 1 terjadi peningkatan, sebanyak 66% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Siswa sudah mampu memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, paragraf yang koheren, dan penggunaan kalimat yang efektif. Pada tindakan siklus 2 juga mengalami penigkatan, sebanyak 86% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Siswa sudah mampu menggali ide, mengembangkan ide, dan memproduksi teks anekdot sesuai dengan struktur, isi, paragraf yang koheren, penggunaan kalimat yang efektif, dan tanda baca yang sesuai. Hal tersebut membuktikan bahwa teknik VAK dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X SMK dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/359/051607422
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102241
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item