BKG

Rahayu, Susita (2016) Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Ulasan Film Melalui Teknik Circuit Learning Pada Siswa Kelas Xi Mia 4 Sma Negeri 2 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Keterampilan memproduksi merupakan keterampilan paling kompleks dibandingkan dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain. Siswa kelas XI MIA 4 mengalami kesulitan dalam memproduksi teks ulasan film berdasarkan struktur, isi, dan ciri kebahasaan teks. Persentase ketuntasan siswa hanya 62,5% merupakan persentase paling rendah dibandingkan dengan kelas XI lain di SMA Negeri 2 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan memproduksi teks ulasan film melalui teknik circuit learning dan penerapan teknik circuit learning terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas XI MIA 4. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Batu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 yang terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket, catatan lapangan, lembar observasi kegiatan guru, dan lembar observasi kegiatan siswa. Teknik analisis data cenderung mengikuti analisis data kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis hasil. Data kuantitatif dievaluasi melalui pedoman penilaian penulisan teks ulasan film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik circuit learning dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XI MIA 4 dalam memproduksi teks ulasan film berdasarkan struktur, isi, dan ciri kebahasaan teks. Peningkatan keterampilan memproduksi teks tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa. Melalui teknik circuit learning, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif merangkai kata-kata dalam memproduksi teks ulasan film melalui bahasanya sendiri. Pada tindakan siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan siswa dalam memproduksi teks ulasan film adalah 68,75%. Pada tindakan siklus I pertemuan 2 adalah 71,87%. Persentase tindakan siklus I mengalami penurunan pada tindakan siklus II pertemuan 1 yaitu 59,37%. Penurunan tersebut diperbaiki pada tindakan siklus II pertemuan 2 hingga persentasenya 66,67%. Persentase tersebut mengalami peningkatan pada tindakan siklus III pertemuan 1 yaitu 80,64% dan pada pertemuan 2 adalah 87,5%. Penurunan pada tindakan siklus II terjadi karena kesalahan prosedur pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Penerapan teknik circuit learning dapat membentuk karakter mandiri, kreatif, jujur, tanggung jawab, disiplin, toleransi, kerja keras, rasa ingin tahu, dan komunikatif pada siswa kelas XI MIA 4.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/346/051607380
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102227
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item