BKG

Bengu, WendyChristien (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Media GARASI (Gambar Fotografi dan Peta Ilustrasi) pada Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro Junrejo, Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Siswa kelas VIII SMP Diponegoro Junrejo, Batu mengalami kesulitan dalam menentukan unsur-unsur berita dan menulis berita sesuai dengan bagian-bagian berita. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan teknik mengajar yang digunakan oleh guru matapelajaran tidak didukung dengan media untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar tersebut. Tujuan penelitian ini meliputi (1) meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media GARASI siswa kelas VIII SMP Diponegoro Junrejo, Batu pada tahap menentukan unsur-unsur berita (2) meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan media GARASI siswa kelas VIII SMP Diponegoro Junrejo, Batu pada tahap menulis teks berita sesuai dengan bagian-bagian berita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksaanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penenlitian ini adalah soal tes dan instrumen non tes. Instrumen soal tes merupakan instrumen yang dilakukan setelah proses pembelajaran untuk mengetahui keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menggunakan media GARASI. Sementara itu, instrumen non tes terdiri atas lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, teknik observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Setelah semua data dikumpul akan dilakukan analisis data menggunakan stasistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata presentase 10 keberhasilan siswa. Tindakan dianggap berhasil apabila 80% siswa di kelas mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 75. Berdasarkan hasil analisis tindakan prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 diketahui bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mampu menentukan unsur-unsur berita. Dari tindakan prasiklus hanya terdapat 35% siswa yang mampu menentukan unsur-unsur berita, lalu meningkat menjadi 91% siswa pada siklus 1 yang mampu menentukan unsur-unsur berita, dan 100% siswa pada siklus 2 yang telah mampu menentukan unsur-unsur berita. Selain itu, jumlah siswa yang mampu menulis berita sesuai dengan bagian-bagian berita juga meningkat. Dari tindakan prasiklus hanya terdapat 35% siswa yang mampu menulis berita sesuai dengan bagian-bagian berita, lalu meningkat menjadi 65% siswa pada siklus 1 yang mampu menulis berita sesuai dengan bagian-bagian berita, dan 91% siswa pada siklus 2 telah mampu menulis berita sesuai dengan bagian-bagian berita. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media GARASI dapat membantu siswa dalam menulis teks berita sesuai dengan unsur-unsur berita dan bagian-bagian berita yang tepat.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/313/051606730
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102192
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item