BKG

Nafsichah, DiyahDariyatul (2016) Subaltern Dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini (Kajian Poskolonial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Novel Tarian Bumi merupakan sebuah dokumen sosial budaya yang menangkap realitas dari masa tertentu, termasuk permasalahan kasta di Bali yang hingga kini masih dirasakan ada. Gejolak ketertindasan dan pemberontakan terhadap sistem kasta dan adat istiadat yang mengekang juga tercermin dalam novel ini. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui subaltern serta perlawanan oleh tokoh utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan poskolonial terutama subaltern Gayatri Spivak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena memaparkan fakta-fakta dari data dan sumber data yang disusul dengan analisis berdasarkan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, subaltern yang diterima oleh tokoh utama meliputi pengucilan dari masyarakat, adat, mitos, dan ketimpangan gender. Hal ini terjadi sebagai akibat dari adanya beberapa golongan yang masih ingin mempertahanakna kebangsawanannya. Sedangkan bentuk perlawanan yang dilakukan oleh tokoh utama adalah keberanian tokoh utama berpikir keluar dari kebiasaan adat dengan menentukan jalan hidupnya sendiri.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/277/051606694
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102151
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item