BKG

Sholichah, Lailatus (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Menggunakan Flash Fiction Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan tidak maksimalnya proses pembelajaran dan hasil menulis teks eksplanasi kompleks. Atas dasar itu diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan bahan otentik flash fiction. Teks flash fiction dapat membantu menggali kreatifitas siswa dalam menentukan tema dan topik pada saat mengarang teks eksplanasi kompleks. Teks flash fiction mampu menumbuhkan daya tarik siswa dalam menulis teks eksplanasi kompleks, pemilihan teks flash fiction yang tepat dan penggunaan bahasa yang mudah mampu membantu menyelesaikan semua kendala yang dihadapi siswa dalam penulisan teks eksplanasi kompleks dan membuat siswa menjadi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan flash fiction sehingga dapat diketahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi kompleks. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI Batu sebanyak 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Di setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Dari hasil perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi pada siklus I tersebut, hasilnya masih belum memuaskan. Selanjutnya, dari hasil tindakan siklus I digunakan untuk penyempurnaan pelaksanaan pembelajaran pada tindakan siklus II. Dari siklus II menghasilkan hasil pembelajaran yang meningkat, ini berarti bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks dengan flash fiction dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menigkatkan kemampuan dalam menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA PGRI Batu. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil persentase pada hasil observasi guru dan siswa dan penilaian hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/11/051601146
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101966
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item