BKG

Umami, KhoirurRizal (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menerapkan Metode Think Talk Write (TTW) melalui Media Gambar Fotografi pada Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini berangkat berdasarkan latar belakang permasalahan bahwa pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII A MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung belum optimal, yaitu siswa kesulitan menemukan ide awal. Selain itu, metode ceramah adalah metode yang paling dominan digunakan, serta pembelajaran hanya berpedoman pada buku pegangan dari pemerintah. Hal ini berdampak pada kurangnya prestasi belajar siswa terutama dalam menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. Metode think talk write (TTW) melalui media gambar fotografi dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menerapkan metode think talk write (TTW) melalui media gambar fotografi pada siswa kelas VII A MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini dikarenakan penelitian dilakukan dengan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menerapkan metode think talk write (TTW) melalui media gambar fotografi pada siswa kelas VII A MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan angket. Penerapan metode think talk write (TTW) melalui media gambar fotografi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII A MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil tes menulis puisi pada siklus I siswa mendapatkan rata-rata skor 69,19 dengan persentase ketuntasan belajar 53,58%. Kemudian pada siklus II siswa mendapatkan rata-rata skor 76,33 dengan persentase ketuntasan belajar 78,58%.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/104/0051601240
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101960
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item