The Existence Of Power Relation Among Characters In “Horrible Bosses” Movie By Seth Gordon

Wardhana, ArdhiansyahAga (2016) The Existence Of Power Relation Among Characters In “Horrible Bosses” Movie By Seth Gordon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu film drama yang dibuat oleh Seth Gordon adalah film Horrible Bosses. Film Horrible Bosses, film yang merefleksikan kehidupan nyata, bercerita tentang tiga lelaki biasa bernama Nick, Kurt dan Dale yang memiliki boss yang kasar. Penelitian ini menggunakan teori hubungan kekuasaan menurut Michel Faucoult, dan juga menggunakan studi film dalam hal karakterisasi untuk memahami penggambaran dari para pemeran dalam film Horrible Bosses, terutama tentang hubungan kekuasaan antara boss dan pegawai. Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana hubungan kekuasaan digambarkan oleh para pemeran dalam film. Penulis menemukan bahwa hubungan kekuasaan terbagi dalam dua sisi, yaitu kekuatan dan perlawanan. Dari sisi kekuatan, di penelitian ini kekuatan digunakan dalam cara; untuk memaksa, untuk menindas, untuk menipu dan untuk berbohong yang datang dari para boss. Hal itu tentunya juga sangat mempengaruhi kehidupan sekitar, baik dari kehidupan pegawai ataupun orang-orang terdekatnya. Semua itu untuk memenuhi tujuan utama mereka, adalah nafsu, kekayaan, dan jabatan. Dari sisi perlawanan, datang dari para pegawai, adalah Nick, Kurt, and Dale. Mereka melakukan itu sebagai buntut dari penindasan dan pemaksaan oleh para boss. Perlawanan dari mereka ditampilkan sebagai langkah untuk mendapatkan perlakuan yang layak sebagai pegawai. Kesimpulannya adalah hubungan kekuasaan memiliki dua sisi sebagai penggerak, yaitu kekuatan dan perlawanan. Dan juga didukung oleh wacana sebagai instrumen hubungan kekuasaan. Menurut Faucoult Hubungan kekuasaan juga tidak memiliki norma dan nilai. Itu berarti kita tidak bisa menyimpulkan tentang baik dan buruk dari hubungan kekuasaan. Jika ada penindasan atau pemaksaan, terdapat juga perlawanan dan keduanya tidak bisa dipisahkan. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan studi tentang hubungan kekuatan untuk menggunakan objek yang berbeda. Peneliti berikutnya juga diharapkan untuk menyelidiki fenomena hubungan kekuatan dengan lingkup yang berbeda, seperti pendidikan atau politik.

English Abstract

One of the drama movies created by Seth Gordon is Horrible Bosses. Horrible Bosses movie tells about three ordinary guys are Nick, Kurt and Dale who has abusive bosses. This research uses power relation theory according Michel Foucault and also movie studies concern on characterization to understand representation from characters on Horrible Bosses movie, especially power relation between boss and employee. This research analyzes in how power relation is represented by characters in the movie. The writer found that power relation comes in two sides, namely power and resistance. From power sides, power uses in the way; to coerce, to repress, to deceive and to lie that comes from the boss. That things are also greatly affects the lives of around, either from employee nor the nearest people. All of that to fulfill their main purposes are lust, assets, and position. From Resistance, it comes from the employees, are Nick, Kurt and Dale. They do it as the consequence from coercion and repression by their bosses. Resistance of them is shown as a step to getting appropriate treatment as an employee. The conclusion is the power relation has two sides as a driver; they are the power and resistance. And also supported by Discourse as an instrument of power relation. According to Faucoult that power relation also normless and valueless. It means that we can’t conclude about good or bad from it. If there are repression and coercion, there also resistance and both of them are inseparable. The researcher suggests the next researchers who want to conduct a study about power relation to use different objects. The next researchers are also expected to investigate the power relation phenomenon with different scope, like education or politics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/667/ 051601079
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Mar 2016 09:43
Last Modified: 10 Jan 2022 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101894
[thumbnail of SKRIPSI_ARDHIANSYAH_AGA_WARDHANA_115110101111103.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ARDHIANSYAH_AGA_WARDHANA_115110101111103.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item