BKG

Fandyawan, EvanRomadhon (2015) Peningkatan Kemampuan Bernegosiasi dalam Konteks Bekerja Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Siswa Kelas XI APH 1 SMKN 1 Batu Tahun Ajaran 2014/2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan bukti kurang berhasilnya proses pembelajaran yang dilakukan. Hal tersebut salah satunya dikarenakan kurang sesuainya model pembelajaran yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan. Pemilihan model pembelajaran harus memperhatikan karakteristik siswa, karena setiap kelas memiliki karakteristik yang berbeda. Dari hasil pengamatan yang dilakukan di Kelas XI-APH.1 SMK Negeri 1 Batu, diketahui bahwa dari 30 siswa hanya beberapa siswa yang dapat mencapai KKM. Dari wawancara tersebut juga diketahui bahwa rata-rata motivasi atau semangat belajar siswa yang masih rendah. Karena motivasi yang rendah sehingga pemahaman siswa juga rendah. Rendahnya motivasi siswa tersebut menyebabkan siswa tidak begitu antusias dalam mengikuti pelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, model pembelajaran probing prompting perlu dilakukan agar motivasi dan pemahaman siswa meningkat. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian di kelas dengan model pembelajaran probing prompting, pemahaman belajar siswa meningkat yaitu sebesar 50%. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga tampak dari keantusiasan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Selain meningkatnya hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode probing prompting ini juga meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari lembar observasi aktivitas siswa yang banyak mendapatkan nilai baik sekali. Sedangkan aktivitas guru dalam melaksanakan model probing prompting ini dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dari kegiatan yang dilakukan semakin baik dan memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran. Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman bernegosiasi siswa kelas XI-APH.1 di SMK Negeri 1 Batu. Penerapan model pembelajaran probing prompting juga akan berjalan dengan lancar bila guru mampu merangsang pengetahuan siswa tentang materi negosiasi. Selain itu, guru juga harus menyiapkan bahan maupun permasalahan-permasalahan yang akan diajukan pada siswa agar pelaksanaan pembelajaran lebih efektif.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/559/051507411
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101775
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item