BKG

Ranabumi, Raditya (2015) Pengaruh Media Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi antara kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menyusun teks eksplanasi menggunakan media video pembelajaran interaktif dengan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menyusun teks eksplanasi tanpa menggunakan media video pembelajaran interaktif dan mengetahui tingkat pengaruh media video pembelajaran interaktif dalam menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan ancangan true experimental design yang menggunakan desain penelitian pretest posttest control group. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media video pembelajaran interaktif dan kemampuan menyusun teks eksplanasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri. Sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes menyusun teks eksplanasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir soal kontinue. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan awal siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t pretest kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang menghasilkan thitung sebesar -1,018 dengan df 56 dan ttabel -2,005 pada taraf signifikansi 5% yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi yang signifikan. Hasil keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi yang signifikan pada skor posttest menyusun teks eksplanasi siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan uji-t skor posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang menyatakan bahwa thitung sebesar -1,356 dengan df 56 dan ttabel -2,005 pada taraf signifikansi 5% yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan menyusun teks eksplanasi yang signifikan. Kendati demikian, jika melihat tingkat pengaruh media video pembelajaran interaktif pada kelas eksperimen, peneliti mendapatkan hasil uji-t skor pretest dan posttest kelas eksperimen yang menghasilkan thitung sebesar - 2,542 dengan df 56 dan ttabel -2,052 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan skor karena nilai thitung < -ttabel (-2,542 < - 2,052). Berdasarkan hasil tersebut, media video pembelajaran interaktif tidak berpengaruh secara signifikan pada pembelajaran menyusun teks eksplanasi di kelas VII SMP Negeri 5 Kediri.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/478/051506588
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101684
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item